11 Feb 2010

Kata Orang, Cinta Harus Diucapkan

Diposting oleh Zana di Kamis, Februari 11, 2010
Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Kata orang, cinta itu harus diucapkan. Tapi (awalnya) tidak kataku. Lagi-lagi mungkin karena egoku yang berlebihan sehingga rasanya susah banget mengucapkan rasa cinta ke orang lain.

Waktu awal masuk SMA, aku bisa dengan mudah menemui kata itu di mana saja. Dari Mba mentorku, dari kakak-kakak kelas yang ramahnya luar biasa, juga dari beberapa teman-temanku yang begitu cantik dengan jilbab yang menjulur hingga menutupi dada. Awalnya agak takjub juga. "Wah, kakak-kakak di sini romantis banget..." - pemikiran seorang anak yang polos :p

Dari lubuk hati yang terdalam sebenernya aku ngerasa tersanjung juga sih.. Ternyata banyak yang cinta sama aku. Hoho...

Mulai dari sms tausiyah, jarkom, bahkan sms-an biasa. Di ujung smsnya selalu ada kata, "Uhibbuki fillah, Ukhti..." atau "Luv u coz Allah, my Sist...".

Begitulah... Namun, smsnya selalu kubalas hanya dengan kata, "Sama-sama...". Gak pernah tuh yang namanya nulis sms ke mereka pke kata-kata cinta yang serupa.

Eh, begitu kubaca hadits yang ini,
"Jika seseorang mencintai saudaranya karena Allah, maka kabarkanlah bahwa ia mencintainya." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)
Ternyata orang yang menyuruh kita untuk mengucapkan cinta itu bukanlah orang yang biasa. Ternyata yang menyuruh kita itu Rasulullah! Masa sih kita gak mau ngikutin sunnah Rasul...

Tapi, namanya juga Eka. Emang susah banget ngucapin kata yang satu ini. Ngomong "Eka sayang sama Ibu dan Bapak" secara langsung ke beliau berdua aja rasanya susaaaahhh banget.. Campur aduk antara malu dan bingung gimana ngomongnya.

Akhirnya aku memilih untuk menulis surat untuk beliau berdua saat milad Ibu Bapak 3 tahun lalu (miladnya barengan loh... ^^). Rasanya lega dan bahagia banget waktu rasa itu bisa tersampaikan...

Masih inget juga sms dari Ibu yang bilang terima kasih untuk kado dan suratnya. Ibu juga bilang klo Ibu ngirim sms itu sambil nangis... Wuah... Ibu!!! Pokoknya Eka sayang sama Ibu!! ^^

2 tahun lalu pun aku kembali mengungkapkan rasa cinta itu ke Ibu Bapak - lagi-lagi saat beliau berdua milad. Kali ini lewat sms. Seperti biasa, Ibu langsung membalas smsku, "Makasih ya Sayang...."

Walau Bapak tak membalas sms itu, aku yakin rasa itu tersampaikan. Aku pun bersyukur karena telah mengungkapkan rasa cinta itu ke Bapak (ternyata itu sms cinta terakhir yang bisa kukirim ke beliau).

Alhamdulillah... Klo misalnya aku mempertahankan egoku, mungkin aku tak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk mengucapkan kata cinta dan sayang ke Ibu Bapak. Siapa sih yang tau sampai kapan umur kita?

Wuah.... Islam itu ternyata indah ya... ^^

Buat kalian yang memang susah mengungkapkan rasa cinta secara langsung kayak aku, siasati aja. Rasa itu masih bisa disampaikan lewat surat, sms, chatting, telpon, atau teknologi yang lain (zaman udah canggih lho...).

Satu hal lagi.. Jangan pernah ditunda! Jangan sampai rasa sesal itu datang karena kita terlambat menyampaikannya... ^^

Eits, tapi untuk mengungkapkan rasa cinta ke lawan jenis itu beda soal ya... Klo yang itu mah hanya akan kuucapkan setelah akad selesai. Hehe... Ngapain juga capek-capek ngomong cinta atau sayang sama orang yang belum pasti. Pokoknya kata itu akan kusimpan dan kuucapkan secara eksklusif, hanya untuk Andromedaku nanti ^^

18 komentar:

fitrirachmawati mengatakan...

hmm.. kalo fitri
susah mengucapkan kata 'cinta' untuk orang2 terdekat
biasanya kalo udah deket malah kata2 ini ga bisa keluar
tapi kalo orang jauh atau biasa aja malah mudah untuk bilang kalo fitri sayang sama mereka
kenapa ya?

~termasuk untuk mengakui siapa orang yang bener2 dikagumi :p

jay mengatakan...

saya bisa merasakan bagaimana jadi orang yang sulit mengungkapkan cinta kepada orang tua dan keluarga Eka,,karena saya juga mengalami problem yang sama :p

hanya untuk Andromedaku nanti
haduh2 yang mau ikut seminar pranikah besok,,ternyata memang sudah mulai berpikir ke arah sana,,

Zana mengatakan...

@kak fitri:
klo eka mah, mau deket mau jauh, sama aja.. susah bilang kata itu secara langsung :p

makanya, disiasati kak.. ngomongnya lewat surat, sms, telpon, dkk. yg penting rasa itu tersampaikan ^^

gak usah malu kak.. klo emang kagum sama eka mah ngomong aja XD
*GR mode: on

@kak jay:
berarti ini masalah yg umumnya dialami sama seorang anak ya.. hmm...

lho? kok seminarnya yg dibawa2.. gak ada hubungannya sama itu kok. itu memang prinsip saya setelah "tobat" :p

fitrirachmawati mengatakan...

emm.. perasaan fitri ga bilang kagum ma eka ya.. :p
yah, begitulah eka, mungkin nanti setelah fitri bertemu pangeran berkuda pink.. :p
tapi khawatir malah ga bisa mengungkapkan kata2 itu ke 'dia' karena malu,, hehe :D --> bener2 ga bisa puitis-romantis hehe

~apa de,, ngomongin beginian di blog orang

Zana mengatakan...

@kak fitri:
kali aja diam2 kak fitri kagum sama eka :p

tenang aja.. kan katanya "we're married the opposite" (bener gak tuh spellingnya?)
ntar biar pangeran berkuda pink-nya aja yg puitis-romantis XD
*omongan eka mulai geje :p

Aulia's Zone mengatakan...

@ka Fitri :
jadi penasaran nih...siapa pangeran berkuda pink-nya ya???!!!

kenapa warnanya pink?? hahahaha...

@Eka :
jadi 2011 kan Ka?? hehehehe
ditunggu undangannya yaa..:)

topan bayu mengatakan...

hmm.. sepertinya banyak orang yang mengalami hal seperti ini, termasuk saya, bahkan mungkin saya tergolong akut.. :P

tapi paling nggak masih bisa bicara dengan perbuatan..

@fitri
yah, begitulah eka, mungkin nanti setelah fitri bertemu pangeran berkuda pink..
bagian yang ini bener2 lucu.. saya gak pernah berpikir ada kuda berwarna pink kecuali yang ada di komedi puter.. hhe..

fitrirachmawati mengatakan...

@eka
wah.. repotnya kalo dia puitis-romantis ntar fitri malah ga ngerti dia ngomong apa.. :p

@lia n topan
ni pada ngomentarin pangeran berkuda pink aja..
kenapa kuda pink? soalnya kan kalo kuda putih udah punyanya pangeran snow white.. kalo kuda item yang punya dah banyak.. kuda warna coklat juga di puncak ada banyak.. kalo kuda pink yang punya cuma pangeran buat fitri.. hehe :D

Zana mengatakan...

@lia:
heh??

@kak topan:
tapi paling nggak masih bisa bicara dengan perbuatan..

ciri khas cowok...

@kak fitri:
klo gak ngerti, nanti kalian bikin kamus bahasa kalian berdua aja. yg udah disepakati bersama :p

Anonim mengatakan...

Nice Ka. ^_^
Sering kayak gitu. Kalau ngomong ke Ikhwan tuh dulu sering banget, jadi teguran nih sekarang jarang ngomong. Jazakillah khairan katsir Ka atas pengingatnya. ^_^

Btw, kenapa Adit malah ikut"an pingin nangis ya pas baca. Hehe :D (beneran lho. O_o)

kirana mengatakan...

Betuul

Selagi kita masih punya kesempatan, gunakanlah untuk mengungkapkan rasa cinta buat orangtua kita..
Kesempatan seperti itu benar-benar kenikmatan yang tidak terkira dari Allah.. :)

thanks eka sharingnya, you're really nice :)

Zana mengatakan...

@adit:
hah? apanya yg bikin pengen nangis?

@kirana:
cie... kirana yg romantis bgt sama ortunya.. ^^

Anonim mengatakan...

salam kenal teh eka
saya rizki ^^
lagi blokwalking
belajar di lautan ilmu :)
1. andromeda. mengingatkan saya pada novel yang pernah saya baca. astagfirullah, saya lupa lagi. tapi betul nama itu terinspirasi oleh salah satu novel? yang mungkin novel yang pernah saya baca ^^
2. cung ... saya juga termasuk orang yang susah mengungkapkan cinta, sampe2 minta maaf pun susah mengucapkannya. saya bilang diri saya "ga romantis" hehehhe. tapi betul banget, berkat teknologi saya jadi lancar menyampaikannya

salam semangat

Zana mengatakan...

@rizki:
iya, itu terinspirasi dari novelnya Rhein Fathia (link blognya juga ada di blog ini ^^)

wah, kayaknya orangnya semangat banget nih. semangat juga ya! ^^

~ baru kali ini dipanggil teteh :p

Anonim mengatakan...

cieeeeh Andromeda-nya Eka, uhuuuuy ^^

kalo sama mama dan kakak sih aku udah biasa, tapi kayaknya ga pernah ngomong2 begitu ke papa :(

Zana mengatakan...

@ade:
hehe... ^^

ayo, Ade! mulai beranikan diri! ^^

carolino deit ba mengatakan...

cr.lino.
kalo kita mencinta seorang coba mengucapan perasaan kita pada dia,krn nilainya cinta kita tida bisa banding dengan apapun.Membuat reaksi pada cinta supaya bisa mendapatkan cinta.

carolino deit ba mengatakan...

kemarin aku mencintaimu
hari ini aku mencintaimu
dan besok cintaku akan bertambah padamu .cintaku abadi untukmu.

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review