16 Mei 2016

Kehamilan Ektopik Terganggu (KET); Kejadian Luar Biasa

Diposting oleh Zana di Senin, Mei 16, 2016
Bismillaahirrahmaanirrahim...

Alhamdulillaah, Allah masih kasih umur panjang setelah melewati masa-masa yang luar biasa itu :')

Aku mau cerita singkat tentang KET; Kehamilan Ektopik Terganggu atau mungkin istilah awamnya kehamilan di luar kandungan.

Kehamilan ektopik terganggu (KET) merupakan suatu komplikasi kehamilan dimana sel telur yang dibuahi tidak bisa menempel pada jaringan yang semestinya. Kehamilan semestinya berada di dinding rahim, embrio menempel pada dinding rahim. Kehamilan ektopik bukanlah kehamilan yang normal dikarenakan kehamilan itu tidak bisa berkembang sebab berada di tempat yang bukan sebagaimana mestinya. Kehamilan ektopik terganggu merupakan kondisi gawat darurat yang harus diketahui oleh petugas medis. Kondisi ini bisa membahayakan nyawa ibu, kehamilan ektopik merupakan kehamilan yang menjadi salah satu penyebab mortalitas pada ibu hamil. (sumber: hamil.co.id)

Sesungguhnya aku baru denger istilah ini. Sebelumnya cuma tau istilah "hamil anggur". Orang2 yang aku ceritain tentang kehamilan di luar kandungan kebanyakan langsung nyeletuk, "Oh, hamil anggur, ya?"

Berdasarkan hasil browsing sana-sini, ternyata KET itu berbeda dengan hamil anggur. Klo hamil anggur itu di dalam rahimnya ada "benda asing" bukan janin. Biasanya berupa sel-sel berisi cairan yang berkumpul seperti anggur (mirip2 kista kali ya). Nah, klo KET itu beneran janin, tapi berkembangnya di luar rahim.

Berdasarkan artikel yang aku baca juga, resiko terberat dari hamil anggur adalah kanker rahim. Sedangkan untuk KET itu resiko terberatnya adalah kematian karena pendarahan hebat yang tidak segera ditangani.

Dua-duanya sama2 serem T.T

Cerita dimulai...

Pagi itu selesai sarapan, perut tiba2 terasa perih di sebelah kiri. Sakitnya persis kayak sakit maag. Aku izin terlambat ke kantor. Setelah rasa sakitnya udah berkurang, aku langsung berangkat ke kantor seperti biasa. Naik si Mio Merah kesayangan.

Sesampainya di kantor, aku kerja seperti biasa. Pas istirahat siang, aku makannya agak telat, sekitar jam 13 baru makan. Sebenernya pas telat makan itu, aku udah ngerasa pusing sedikit. Ah, mungkin ini efek telat makan kayak biasa. Selesai makan, langsung lanjut kerja lagi. Mulai jam 14 perut udah mulai2 perih lagi. Oh, kayaknya ini maagnya kumat lagi karena telat makan. Langsung minum obat maag.

Hmm,, Kok sakitnya belum hilang juga ya. Padahal biasanya 15 menit setelah minum obat sakitnya udah mulai berkurang.

Hmm.. Kok sakitnya makin perih dan melilit ya. Aku langsung ke kamar mandi. Baru aja nyampe kamar mandi, perut rasanya mual luar biasa. Langsung muntah2 hebat di dalam kamar mandi. Badan rasanya langsung lemes. Mau bersihin sisa2 muntahan aja udah gak sanggup. Mata udah mulai berkunang2. Pandangan rasanya muter2 dan agak gelap. Sempet ngeliat di kaca kamar mandi klo mukaku jadi pucet banget. Agak kekuningan.

Wah, ini gak beres nih. Harus segera keluar dari kamar mandi. Klo pingsan di kamar mandi dan gak ketahuan sama orang2 kan bisa bahaya.

Dengan menggunakan sisa2 tenaga dan penglihatan yang ada, aku berusaha nyari pintu kamar mandi, buka kuncinya, jalan pelan2 sambil ngeraba-raba tembok untuk masuk ke ruangan kerja. Begitu masuk, aku langsung "menjatuhkan diri" di karpet ruangan. Telinga udah mulai berdenging. Gak bisa denger apa2. Mata udah berat banget untuk dibuka. Badan lemes selemes-lemesnya. Mungkin ini yang namanya pingsan :'|

Pas udah mulai agak2 sadar, perut rasanya sakit luar biasa. Badan juga rasanya dingin banget. Mba Oni ngompres perut pke botol yang diisi air hangat. Badan juga jadi terbatas banget geraknya. Karena klo gerak sedikit perutnya jadi bertambah2 sakitnya.

Badan jadi lemes lagi, mata juga langsung ketutup karena rasanya berat. Kayaknya aku pingsan lagi. Tapi anehnya, aku ngerasa sadar. Aku bisa ngeliat kondisi di kantor kaya apa. Aku bisa ngeliat waktu suamiku buka pintu ruangan dan langsung menghampiri aku yang pingsan di kantor. Habis itu aku gak inget apa2 lagi. Mataku terbuka perlahan setelah pipiku ditepuk pelan beberapa kali.

Pas sadar, aku langsung mengerang2 kesakitan karena sakitnya emang luar biasa rasanya. Aku langsung dibopong sama suami dan Bapak ke klinik paman kami yang letaknya gak terlalu jauh dari kantor.

Sesampainya di klinik, aku langsung ditensi. Tapi tensiku katanya udah susah dideteksi. Mata rasanya mulai berat lagi. Tangan udah bener2 gak bisa digerakin. Kaki juga. Bawaannya pengen tidur. Tapi pipiku terus ditepuk2 pelan, "Jangan tidur ya Mba Eka. Usahakan tetap sadar." Akhirnya dengan sekuat tenaga berusaha menjaga agar mata tetap terbuka meskipun gak terbuka sepenuhnya.

Gak lama, perutku melilit makin hebat. Kembali merasakan mual yang luar biasa yang berakhir dengan muntah2 lagi sampe tenaga rasanya udah gak ada untuk sekedar muntah. Setelah muntah, badannya jadi tambah lemes lagi.

Ketika paman kami datang, beliau langsung bilang ke suami agar aku dibawa ke UGD terdekat karena anemianya udah parah.

Begitu sampai di UGD RS terdekat, aku langsung diperiksa tensinya. Tensiku udah di bawah 50/30 katanya. Langsung dikasih infus. Setelah habis satu infus, badan terasa "agak segar". Alhamdulillaah.. Tapi sakit perutnya makin menjadi. Yang tadinya cuma bagian kiri yang sakit, sekarang jadi melebar sakitnya ke seluruh wilayah perut. Setiap bagian perut yang disentuh sama dokter rasanya sakit semua. Dokter awalnya sempet menduga klo ini sakit usus buntu. Tapi aku udah pernah operasi usus buntu, jadi dokter mulai menganalisa kemungkinan yang lain.

"Lagi haidh gak Mba?"
"Iya, Dok. Saya udah haidh agak lama. Udah hampir sebulan belum selesai-selesai juga."
"Ada masalah kandungan gak sebelumnya?"
"Terakhir periksa 2 minggu lalu, saya ada miom, Dok. Sekitar 1 cm."

Dokternya manggut-manggut sebentar. Infus pun diganti dengan yang baru karena yang sebelumnya sudah habis (jeda waktunya gak lama lho padahal).

Setelah masuk di bagian obervasi selama sekitar 1 jam, belum ada perkembangan juga katanya. Tensinya masih rendah. Hb-nya juga rendah banget (lupa nanya berapa Hb-nya waktu itu. Pas aku kontrol lagi ke RS, susternya langsung kenal aku, "Oh, ini Mba yang kemarin di UGD dan Hb-nya rendah banget itu ya?").

Akhirnya dokter merekomendasikan aku untuk diperiksa oleh dokter spesialis kandungan.

1 jam kemudian, aku langsung di bawa ke ruang klinik kandungan untuk di-USG. Pas di-USG, dokternya bilang, "Ini mah Ibu lagi hamil."

"Hah?? Kok bisa, Dok? Saya selalu haidh, Dok setiap bulannya."
"Iya, ini Ibu liat janinnya di sini. Tapi janin Ibu ada di luar kandungan, ini udah pendarahan di dalam. Janinnya udah pecah di saluran tuba falopi. Salurannya juga udah rusak. Harus segera diangkat."

Innalillaahi.. makin shock lah aku begitu tau klo aku hamil. Sedih. Sedih luar biasa. Aku harus kehilangan anakku di detik aku tahu bahwa anakku sudah bertumbuh di sana..

Dan kemungkinan janinku itu udah berusia hampir 4 bulan. Ya Allah, kamu ke mana aja, Eka? Masa kamu gak tau klo kamu lagi hamil?

Di tengah2 perasaan kalut itu, aku juga dengar percakapan dokter sama suami.

"Ini Ibunya harus segera dioperasi untuk mengangkat janinnya dan ini bakal butuh persediaan darah yang banyak. Klo terlambat ditangani, takutnya besok Mas gak bisa ngeliat Ibunya senyum lagi."

Masya Allaah.. Rasanya jadi pengen nangis saat itu. Ya Allah.. Aku masih belum siap. Bekalku untuk menemui-Mu masih belum maksimal.. Beri kemudahan, Ya Allah..

Malam itu juga suamiku langsung mencari darah ke PMI Depok. Beberapa hari sebelumnya, suamiku pernah bilang ke aku, "Eka yang sehat2 ya.. Mas takut banget klo misalnya Mas harus nyari darah AB untuk Eka dan persediaannya terbatas."

Alhamdulillah, persediaan darah AB di PMI Depok masih ada dan mencukupi untuk kebutuhan transfusi pasca operasi, 4 kantong. Aku gak bisa ngebayangin gimana paniknya suamiku waktu itu. Maafin Eka ya :'(

Keluar dari klinik kandungan, langsung masuk UGD lagi untuk persiapan operasi. Di sana udah dipasang kabel macem2 untuk ditempel di badan. Ibu selalu ngelarang aku untuk ngeliat layar monitornya. Dan beberapa hari ini aku baru tau klo ternyata Ibu ngelarang aku ngeliat layar monitor karena gak tega. Tensinya kata Ibu udah parah banget rendahnya.

Masuk ruang operasi, trauma operasi usus buntu yang jeda waktunya belum juga sampai satu tahun bikin aku gelisah dan gak bisa diam. Sampai butuh 4 orang dokter dan perawat buat megangin aku sebelum disuntik bius. Maafin ya, Dok, Suster, saya banyak membuat kegaduhan dan kerepotan bahkan di atas meja operasi, saya masih trauma banget sama suasana ruang operasi T.T
*suamiku waktu kuceritain suasana di dalam ruang operasi cuma bisa geleng2 kepala :')

Alhamdulillah operasi berjalan lancar walaupun kata dokternya aku sempet shock pas operasi karena pendarahannya sampai 2 liter :')

Hikmah dan pesan untuk ibu2 muda yang lainnya:

1. Segera lakukan tes kehamilan ketika haidhnya terlambat, walaupun cuma terlambat beberapa hari. Ini untuk mengetahui sejak dini, apakah kamu hamil atau gak. Karena terbukti aku ternyata hamil padahal siklus haidhnya tetap lancar seperti biasa. Jadi klo ada masalah dalam kehamilan, bisa segera ditangani.

* Tambahan:
Belajar dari pengalaman tetangga yang belum lama ini mengalami kejadian yang sama. Diagnosa awalnya keguguran biasa, jadinya beliau dikuret sama dokter. Tetapi setelah beberapa hari kondisinya gak membaik juga. Akhirnya dibawa ke RS lain. Di RS lain ini baru lah ketahuan klo ternyata tetanggaku mengalami KET. Janin-nya baru beberapa minggu katanya.
Duh, gimana itu rasanya harus operasi KET setelah jeda beberapa hari saja dikuret? T.T
Sebaiknya, selagi kita periksa ke dokter kandungan, minta di-USG sampai ke bagian samping kiri-kanan rahim (tuba falopi, misalnya). Ini untuk melakukan pengecekan apakah ada janin yang berkembang di sana atau gak. Soalnya klo USG cuma di wilayah kantung rahim (?), KET gak bisa dideteksi. Wallahua'lam.

2. Rutin2 lah periksa ke dokter spesialis kandungan. Aku pun sebenarnya 2 minggu sebelum kejadian ini udah periksa ke dokter kandungan, bahkan udah di-USG dan pemeriksaan model pap smear. Waktu itu kondisinya aku keluar darah lagi, padahal baru jeda satu minggu dari siklus bulanan sebelumnya. Tapi qadarullah, saat itu dokternya gak bisa mendeteksi klo aku lagi hamil. Dibilangnya ini cuma pendarahan biasa yang mungkin terpicu stres.

Oh iya, yang jadi penyebab kematian dari ibu yang mengalami KET adalah pendarahan yang terlambat ditangani. Karena biasanya KET ini susah dideteksi, dan sering dianggap sakit perut biasa, usus buntu, tyfus, atau penyakit2 perut lainnya. Semakin lama penanganan, semakin hebat pula pendarahan dalam yang dialami si ibu yang tidak diketahui tenaga medis, dan ini bisa berakibat kematian.

3. Aku emang tipe yang cengeng, gak kuat nahan sakit. Seharian aku nangis pasca operasi karena sakitnya luar biasa. Dan kata dokter, ini emang lebih sakit daripada operasi caesar untuk lahiran. Klo kata orang2, mungkin ini rasa sakit melahirkan yang sesungguhnya, ditambah lagi karena emang gak ada motivasi lain, seperti "kehadiran seorang anak". Jadi kemarin itu yang aku rasain emang bener2 "cuma" sakitnya aja karena memang "motivasi anak" itu gak ada. Duh, jadi sedih lagi deh klo inget ini :'(

Oleh karena alasan ini juga, sesungguhnya seorang ibu yang kehilangan anaknya (karena keguguran misalnya) perlu pendampingan yang maksimal dari suami dan keluarga terdekatnya. Kami butuh motivasi untuk mengatasi perasaan "bersalah karena gak bisa menjaga anak dengan baik". Mungkin ini syndrom yang bisa dialami oleh setiap ibu yang baru keguguran.

Jangan sekali2 ngasih komentar yang bernada menyalahkan yaa..

Alhamdulillah suami dan keluarga selalu kasih support penuh.

4. Klo udah ngerasa mau pingsan di kamar mandi, usahakan segera keluar dari sana. Segera menuju tempat yang ada orangnya untuk membantu kamu klo misalnya kamu beneran pingsan.

5. Jangan kunci handphone, atau pastikan ada orang yang tau cara membuka handphone kamu di lingkungan kamu biasa beraktivitas. Alhamdulillah kemarin pas pingsan di kantor, Vira (teman kantor) cepat menghubungi suamiku. Duh, gak kebayang klo misalnya HP kekunci dan gak ada yang tau nomor orang terdekat ketika ada keadaan darurat. Bisa berakibat fatal kan? Dalam kasusku kemarin misalnya. Bisa berakibat kematian klo telat ditangani. Na'udzubillaah.. :'(

Semoga nanti bisa ketemu kamu ya, Nak di jannah-Nya Allah. Dan semoga kehamilan yang berikutnya bisa sehat dan lancar semuanya. Aamiin :')

Catatan tambahan:
Alhamdulillah, pasca kejadian KET ini, Allah telah menganugerahkan 2 orang anak walaupun kondisi saluran tuba saya tinggal satu. Melahirkan pun bisa secara pervaginam (normal) untuk keduanya. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Tetap semangat dan berbaik sangka sama Allah ya Ibu-Ibu :)

219 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 219   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

Kak ekaaa yg sabar yaa, semoga cepet sehat lagi *hug*

Zana mengatakan...

@wanda: aamiin.. makasih wandaa *hug* :*

Unknown mengatakan...

Apa kakak ga ngerasa ada gejala hamil kak.??
Terimaksih bila kakak berkenan untuk menjwab

Anonim mengatakan...

semua cerita sama persis dengan apa yg saya alami bulan juli kemarin :'( ini pun masih merasa sakit luar biasa, dan saya ingin tanya, apa mba sudah hamil lagi?

Zana mengatakan...

@unknown:
Kemarin saya gak ngerasa gejala hamil. Dan qadarullah, haidh saya ketika itu masih seperti biasa. Saat janin pecah pun, saya masih dalam kondisi haidh. Mungkin karena masih pengantin baru, jadi belum terlalu paham sama tanda kehamilan :)

@Anonim:
Alhamdulillah, 3 bulan pasca operasi KET saya langsung hamil kembali dan sehat, bisa melahirkan secara normal. Allah sudah mengamanahi satu anak untuk saya saat ini. Dan sekarang alhamdulillah sedang hamil ke-3. Jangan patah semangat ya, Mba. Terus berbaik sangka sama Allah :)

Unknown mengatakan...

Mba sesudah oprasi KET bisa lahiran normal?? Ni saya juga baru 20 hari abis oprasi KET

Zana mengatakan...

@Unknown:
Alhamdulillah bisa lahiran normal Mba setelah konsultasi ke dokter kandungan. Asal luka jahitan operasinya bagus :)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Aku baca cerita mba ini sambil tiduran pasca operasi KET, ya Allah cerita kita hampir sama,,,, semoga pun rejeki aku bisa punya anak lagi seperti mba eka yaaaa...

Unknown mengatakan...

Mb saya jg hbs operasi ket..6 hr yg lalu masih kluar darah dr vagina normal gk ya drah sprti men

Zana Zahra mengatakan...

@Yani Purwanti:
Aamiin ya rabbal'aalamiin :)

@Unknown:
Insya Allah normal mba. Itu darah nifas. Tapi klo masih ragu, monggo dicek ke dokter kandungan :)

Unknown mengatakan...

Aku juga bulan agustus lalu d op ket mba.. Pngen hamil lg cuman brasa masih trauma takut gtu lg. Karna stelah baca baca klo yg pernah ket katanya ada kemungkinan ket lg 😭😭 naudzubillah.. Smoga aku bisa cepet hamil lg kya mba.. Tp kadang suka mikir takut ga bisa hamil lg 😭😭 mnta tipsnya mba biar bisa cepet hamil sama melahirkan nya biar normal kya mba 😇😇

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Iya, saya baca di artikel juga begitu. Satu saluran tuba falopi saya diangkat pas operasi KET karena sudah rusak, berbarengan dengan pecahnya janin. Alhamdulillah saluran tuba yg satunya lg sehat dan bisa hamil kembali :)

Setelah operasi, saya memang sangat menjaga kondisi badan. Memastikan lukanya sudah kering benar dan tidak mengangkat yg berat mba. Saya juga selalu sedia testpack. Jadi setiap bulannya saya selalu periksa dg testpack walaupun cuma telat sehari dua hari. Klo hasilnya positif, saya langsung ke dokter kandungan untuk memeriksa apakah posisi janinnya sudah tepat atau belum. Saya juga minta dokternya untuk usg sampai ke bagian samping. Biar bisa langsung dideteksi klo hamil ektopik lagi.

Saluran tuba saya tinggal satu. Dan ini adalah harta berharga saya dari Allah, alhamdulillah.

Semoga bisa sehat di kehamilan berikutnya ya mba. Aamiin :)

Unknown mengatakan...

Aku baca cerita mbak😭😭sambil nangis..cerita ny hampir sama dengan ýg aku alami..aku baru operasi ket tgl 24 januari kmrin..terus terang aku masih trauma mbak...

bread pit mengatakan...

Assalamu'alaikum
Salam kenal mba, sy bulan kemarin sdh dikuret tapi 2 minggu kmudian badan sy ngedrop muncul gejala2 luar biasa dibagian perut sampe pendarahan dan HB turun drastis, lalu seminggu kmudian sy periksa kandungan ternyata saya KET, sy bingung emng tadinya janinnya ada 2 gitu y... sy cb searching2 trnyata harus dioperasi dan beresiko jg...tp keluarga sy nyaranin terapi dl, jd smpe skrg sy msih terapi dan blm dicek lg...

bread pit mengatakan...

Oya mba boleh tau ga tetangga mba jg kan dikuret trs KET y... dioperasi jg ga

Fatimah mengatakan...

Saya juga habis operasi KET 17 januari, tgl 16 februari saya nyeri lagi di perut bagian bawah sebelah kiri lagi persis seperti sebelum saya operasi.
Rasa sakit ini kira2 apakah bekas jahitan nya? Saya juga belum haid setelah operasi kET. Saya sudah tespeck tapi tidak hamil.. Saya agak trauma, takut KET lagi...�� mohon Infonya ya

Evita mengatakan...

18 februari ini saya juga baru saja oprasi KET, 2 hari setelah oprasi perut saya begah apa ada yg sama kah?
kira-kira untuk bisa hamil lagi jeda berapa lama ya bun? aku oprasi KET dg cara cesar/laparatomi.

Zana Zahra mengatakan...

Semangaaat mba :")

Zana Zahra mengatakan...

Sy kurang paham mba tentang jumlah janin, apakah janinnya ada 2, ataukah ada salah diagnosa. Tp jika memang sudah di-USG dan hasilnya KET, saran saya harus cepat ditangani krn pendarahan itu bisa sangat berbahaya klo gak ditangani. Saya aja waktu itu harus transfusi darah sampai 4 kantong karena pendarahan dalamnya sudah cukup parah. Janinnya juga harus segera diangkat jika memang gak bisa diselamatkan. Tetangga saya dioperasi juga mba.

Semoga cepat tertangani dan sehat kembali ya mba. Aamiin :)

Zana Zahra mengatakan...

Klo nyeri2 perih gitu mungkin sakit luka bekas operasinya mba. Rasa sakit pasca operasinya memang agak lama. Saya sampai cuti kerja 2 bulan karena gak sanggup jalan. Tapi mungkin ini karena saya-nya aja yg cengeng kali ya :)

Seteah operasi, saya nifas sampai sekitar 2 pekan. Setelah itu haidhnya juga gak langsung teratur. Sempet telat juga haidhnya.

Klo mba masih ragu2, monggo dicek ke dokter kandungannya lagi aja mba. Semoga sehat2 ya :)

Zana Zahra mengatakan...

Begah karena masih pemulihan organ dalam pasca operasi mungkin mba. Saya dulu juga kayak banyak angin gitu di perut. Jadi sering buang angin juga.

Dulu saran dokter saya, minimal 3 bulan rahim saya harus kosong untuk memaksimalkan pemulihan luka. Klo sudah 3 bulan, sudah bisa dimulai lagi program hamilnya. Alhamdulillah saya hamil lagi 3 bulanan pasca operasi.
Saya operasinya kayak caesar. Luka sayatannya kira2 sejengkal tangan di bagian bawah perut. Itu disebut laparatomi bukan ya? Maaf saya awam sama istilahnya. Hehe..

Unknown mengatakan...

Halo mba zahra salam kenal, 2 minggu yg lalu aku juga habis operasi kehamilan ektopik, tapi saluran tubaku alhamdulillah gak pecah jadi hanya di ambil janinnya saja di saluran tuba, mudah2an aku juga bisa seperti mba ya 3 bulan kemudian lgsg hamil.. Selamat ya mba, sehat selalu..

Unknown mengatakan...

Salam kenal mba zahra...tgl 21 feb kemarin sy juga op KET kanan,masih trauma juga kalau inget sakitnya,habis op hb saya juga turun jadi harus transfusi darah 2 kantong. Saya masih penasaran untuk promil lagi apa harus ada jeda,soalnya kata dr berbeda2 ada yg blg boleh lgsg promil,ada yg blg nggu minim 3 bln,ada yg blg juga smpe 2 th agar bekas op nya sembuh dulu. Semoga ngak lama bisa dikasih amanah lagi sm Allah ya mba...saling mendoakan ya mba..

Zana Zahra mengatakan...

Halo jg mba :)
Alhamdulillah, semoga Allah amanahkan kembali buah hati untuk mba ya. Aamiin :)

Zana Zahra mengatakan...

Salam kenal jg mba :)
Setiap dokter memang beda2 mba. Menurut dokter yg mengoperasi sy, gak masalah langsung hamil lagi. Menurut dokter lain (untuk second opinion), minimal 3 bulan untuk promil lagi. Akhirnya saya dan suami mengambil pendapat dokter yg kedua untuk menunggu 3 bulan setelah operasi.

Efek sampingnya saat hamil kembali ya perutnya kadang rada perih seiring membesarnya perut. Tp alhamdulillah kata dokternya itu gak masalah. Luka bekas operasinya gak apa2.

Cuma waktu lahiran, bidan yg menangani saya juga ngomong klo saya berani jg untuk cepat hamil lagi. Klo bidan itu jadi saya, katanya dia bakal nunda hamil dulu setelah 2 tahun.
Emang sih setelah lahiran normal, perutnya jd agak cenat-cenut sedikit. Alhamdulillah sehat :)

Silakan didiskusikan dg suami dan dokter kandungannya aja ya mba. Semoga Allah memberi amanah buah hati kembali utk mba ya. Aamiin :)

Unknown mengatakan...

Amin...semoga segera diberi amanah kembali mba...kebetulan tadi baru kontrol juga mba dan tanya lebih detail sm dkternya,karena tuba kanan sy sudah dipotong dan kebetulan kmrin wktu op tuba yg sebelah kiri juga ada perlengketan jadi sm dkternya dibersihkan juga dan dibuka jalan dituba yg sebelah kiri,makanya kata dkternya segera saja jgn ditunda,konsul sm suami dan dia blg juga dijalani saja ug penting doa dan posthink..bismillah ya mba semoga Allah msh mempercayakan lagi sm saya...makasih ya mba sharingnya...jadi merasa ngak sendiri 😍

Zana Zahra mengatakan...

Alhamdulillaah.. bersama kesulitan ada kemudahan, insya Allah. Semangat mba :)

Unknown mengatakan...

Assalamualikum mba zahra saya juga habis laparatomi 21 pebruari kmrin uk 8week, KET di tuba kanan gejala nyeri perut melilit smpe pucet keringet dingin klo udh nyeri stlh itu pendarahan alhmdllah ga sampai pingsan tapi saya blm tau di potong atw hanya di ambil janin nya dr laparatomi kmrin, mba zahra haid lagi stlah operasi brapa lama? Dan maaf HB stlah brapa lama operasi mba? Soal nya saya ko masih linu yah bekas op hehe dan ga nifas mba klo saya keluar flek bbrapa hari stlah op aja, normal kah ya mba.

Zana Zahra mengatakan...

Wa'alaykumussalam. Haidh lg setelah lewat 30 hari klo gak salah. Telat2 sedikit dari yg biasanya.
Masalah promil, bisa didiskusikan dl mba dengan dokter kandungan yg lebih paham dg kesiapan organ :)
Nifas utk tiap org beda2 kali ya mba. Ada jg yg cuma ngeflek2 gitu. Klo masih ragu, monggo dikonsultasikan ke dokternya mba :)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,, salam. Kenal mba
Tepat sebulan yang lalu sya jg habis op Ket rasa nya sama persiis bedanya sya g smp pingsan mba.. Sy g smp di potong tuba mba alhamdulilah karena lekas ditangani,Kata dokter janin diperkirakan 3-4minggu swdih bgt rasanya ketika tau positiv hamil rasnya g percaya sebab lg haid,, setelah operasi sempat nangis dan dalam hati mikir YAALLAH g bis lg sdh berkata kata hati ini rasnya hancur meski ini calon anak ke dua tp sy dn suami menantikan nya..tp ALLAH punya rencana lain dan itu pasti yg terbaik,
dan sekarang masih pemulihan pasca op,, kadang parno ajah klw udh ngerasain skit dibagian perut dikarenakan sekarang suka masuk angin gegara bekas op kali ya jd angin mudah masuk hehe
Udh sebulan ini jahitan dah mulai kering sepertinya. Tp di bagian bawah dekat bulu kemaluan kadang terasa ngilu ketika ada tekanan..jd parno lg dengan masalah jahitan apa lom maximal kering nya kali y,dan sebelum nya sempat gendong anak (lupa klw abis dpt jahitan, seketika ngerasa celekit dan ingat lgsg turunin anak 😅 )
Trus aq masih flek jg normal nya berhenti kirakira kapan y mba? Alx udh sebulan masih ngeflek ajah..
Masalah kembali hamil kata dokter 3x haid baru boleh hamil lg. Jd ini aq kembali KB pil ajah mba rencana ampe 3bln kedepan atau mungkin ampe tahun depan alx terus terang ada rasa trauma dan takut dengan jahitan di perut.. Masalah ini udh aq bahas dengan suami nambah momongan inshallah tahun depan dn semoga saja lancar kembali dipercayakan ALLAH,dan alhamdulilah suami mengerti,
Aq jd kembali semangat dn rasa trauma berkurang setelah baca artikel mba yg bisa kembali hamil dan lahiran normal..semoga tulisn mba jd motivasi untuk kita kita yg berjuang melawan rasa trauma pasca op ket,
Terimakasih
Waalaikumsalam wr. Wb

Delis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delis mengatakan...

Assalamualaikum, salam kenal mba zana.. tanggal 21 Maret teptnya 2 Minggu yg lalu saya habis operasi laparotomi KET juga. Tapi saya belum tau apakah tuba falopi saya dipotong atau tidak, Dr bilang semuanya masih bagus 2 bulan juga sudah bisa promil lagi..jujur saya masih trauma sekali, tapi sebenernya dlm kasus saya gejala yg dirasakan tdk terlalu parah awalnya cuma flek saja setelah 2 Minggu saya mengalami pendrhan byk seperti haid di sertai dgn nyeuri pinggang dan perut seperti nyeri awl" heid tapi nyeuri nya masih bisa saya tahan ga sampe mual .
Alhamdulillah kata dokternya ini terdeteksi dini karena setelah flek 3 hari saya langsung tespek dan pergi ke dokter untuk USG , Alhamdulillah nya lagi dokter nge usg sampai ke bawah rahim jadi langsung terdeteksi ada cairan diluar rahim ,sempet stress tapi keluarga terus support bahwa semua akan baik" aja..karena baru denger dioprasi saja sudah takut sekali apalagi baca" digoogle tentang KET itu apa..
Saya merasakan sekali sedih dan sakit nya seperti apa diop cesar tapi tdk ada bayi nya, yg tersisa cuma sakit nya saja,awalnya saya mrasa pesimis untuk hamil lagi, tapi setelah baca postingan mba zana aku kembali semangat lagi , mba pun bisa hamil lagi ,saya yakin pasti bisa ..
Ini pengalaman pertama diusia pernikahan 3 bulan ..
Yg saya tanyakan mba maaf untuk kembali ber HB berp bulan dan mulai untuk memakai KB juga kpn nya mba?? Saya kasian lihat suami hehe ..
Dan sebaiknya kpn nya untuk konsul lagi ke dokter pasca operasi ..

Unknown mengatakan...

Assalamualaykum mb,,,
Hampir sama kaya saya mb,, awalnya perut saya nyeri sebelah kiri ,dan rasa itu ga ilang2an ,, berasa nyeri terus ,akhirnya priksa ke klinik ,d kasi obat anti nyeri ajh krna posisinya saya lagi haid ,
Sebenrnya saya curiga kok kya pengen makan sesuatu yg harus bgt dpenuhi,,krna ini pengalaman pertama saya nikah 1,5 th blom d karuniai anak ,,
Jdi mikirnya "lgi haid masa hamil"
Selang 2 hri dri klinik sakit nya ga ilang, malah kadang makin menjadi,

Terus priksa ke rs , awalnya ke dr.umum ,d saranin untuk usg ,yg keseluruhan organ dlam itu,
Dri usg ternyata ada kista ,tp masih kecil, 2cm an,
Lanjut drujuk ke dr.sp.og ,d dr sp.og d usg lagi ,kta dokter itu kista baik n ga pp
Cman dsruh pap smear klo haid udh kelar,n check up untuk kista selang 2/3bln lagi,

Singkat cerita udah 2 minggu haid saya ga kelar2 . N pada 8maret2019 pagi2 udh ga bisa bangun dg rasa nyeri yg luar biasa ,muntah mual, kringet dingin,
Lgsung d bawa ke rs yg sama, tp pas itu dr. Yg kmren lgi ga praktek,jdinya udh dg dokter yg prakter saat itu, krna udh ga ketahan sakit nya, lgsung usg n ternyata rahim kosong ga ada tanda kehamilan ,yg d kata kista itu jga ga ada ,
Ter urin ternyata positif ,cek hb menurun, lgsung rawat inap ,d observasi hb makin menurun, akhirnya d operasi KET,,


Alhamdulillah masi d beri kesempatan menghirup udara segar, krna kt dokter udh pendarahan d ddlm, ketahuan KET jd lagsung d tanganin,
Walau harus kehilangan salurantuba yg kiri ,n masih ada yg kanan

Sempet sedih,kecewa, takut,, krna saya udh menikah 1,5 th n ini kehamilan pertama lgsung d operasi d angkat,,
Dg pengalaman yg minim ,saya smpet pesimis ,tp setelah baca2 sharing ibu2 d sni saya jdi pnya semangat,
Semoga segera hamil lagi kaya mb nya ,,aamiin aamiin aamiin

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Salam kenal juga mba.
Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan ya mba :)

Untuk masalah lama ngeflek, mungkin memang beda2 setiap orangnya kali ya mba. Klo masih khawatir, monggo dikonsultasikan dg dokternya mba. Nifas kan umumnya sekitar 40 hari.

Semangat ya mba :)

@Delis:
Wa'alaykumussalam. Saya dulu juga operasinya 3 bulan pasca pernikahan mba. Alhamdulillah Allah masih sayang sama kita ya mba. Insya Allah sehat2 terus ke depannya. Aamiin :)

Untuk masalah promil, monggo dikomunikasikan dg suami dan dokter kandungan mba. Masalah kesiapan organ dan kesiapan mental juga perlu diperhatikan.

Saya ke dokter lagi sekitar sebulan pasca operasi klo tidak salah ingat mba.

@Unknown:
Wa'alaykumussalam. Alhamdulillah kita semua masih sehat ya mba. Insya Allah diberi ganti yg lebih baik sama Allah. Aamiin..
Tetep semangat mba! :)

Zana Zahra mengatakan...

@Delis:
Oiya, ketinggalan. Saya baru memulai KB setelah anak kedua lahir mba. Setelah anak pertama lahir, saya belum pakai KB dengan pertimbangan untuk melihat dan memastikan kesehatan saluran tuba saya yg tinggal satu itu. Alhamdulillah, saluran tuba saya sehat dengan saya hamil anak kedua. Jarak kelahiran anak pertama dengan kehamilan anak kedua hanya 9 bulan saja :)

Yeni suryani mengatakan...

Assalamualaikum mba zahra,sekarng saya sedang sangat takut,saya bln ini udh tlt haid lgsg tp tgernyta positiv,jum'at saya usg ke dr kandungan dan blm keliatan,trs dr usg saya dgn tranvaginal,dr blg curiga ini KET,udh gt lgsg di cek cairan klo itu berupa darah maka bener KET,hasil pemeriksaan katanya bukan,to semenjak itu saya jd takut,bener" takut,apa yang harus saya lakukan mba ? Mohon sarannya ya mba...😢

Zana Zahra mengatakan...

Wa'alaykumussalam. Ikuti kata dokter saja mba yg lebih paham. Bisa juga janinnya memang masih kecil, jd belum terlihat di usg. Bismillaah, positive thinking aja mba sambil menelusuri kembali dg konsultasi ke dokter kandungan :)

Unknown mengatakan...

Saya juga punya pengalaman operasi ket 6 april 2019,.yg kanan tuba nya diangkat dan ni jalan 4minggu jg masi nyeri dskitar yg dioperasi...sempat t3rkejut jg karna gejala flek yg saya pikir darqh darah haid 2minggu ga berhenti...

Putri mengatakan...

Assalamualaikum mba Zahra, saya putri dari Bandung, saya 2 bulan lalu didiagnosis keguguran dan saya di kuret pasca kuret kondisi saya tak kunjung membaik,sering merasakan sakit perut yg luar biasa dan saya anggap juga itu sakit maag, namun pendarahan pasca kuret yg semakin banyak 1 bulan belum berhenti. Lalu saya kontrol lagi dan didiagnosis hamil diluar kandungan.. dan sayapun kaget. Dan saya pun dioperasi saluran tuba falopi sebelah kanan saya diangkat.. sedih rasanya mengingat itu hamil pertama dan memang setelah menikah saya kosong 1,5 tahun.. dan sekarang hanya memiliki 1 tuba falopi.. ketakutan tidak bisa memiliki anak slalu membayang Bayangi.. tetapi saya yakin sama allah yg kasih anak kan Allah meskipun dokter bilang bisa memiliki anak tapi itu sulit untuk hamil butuh waktu yg lama, husnudzon billah sama Allah insyallah tidak ada yg tidak mungkin bagi allah..

Dan akhirnya saya membaca cerita mba diatas saya jadi semangat lagiii.. dan belum tentu akan sulit hamil setelah operasi ket..

Alhamdulillah mba zahra langsung hamil setelah 3 bulan.. mudah2an Allah juga mengqodar saya untuk hamil kembali dengan kehamilan yg sehat..


Semangaaaat untuk para perempuan yg pernah dioperasi Ket.. insyaAllah kita juga bisa melahirkan normal.. tetep yakin sama Allah, Karna Allah adalah sebaik baiknya penolong.. ☺️☺️🤗

Nunu mengatakan...

Assalamualaikum. Mohon maaf lahir dan batin .
Saya juga pernah mengalami hal yg sama. Dan setelah pasca operasi KET sudah 1 1/2 tahun. Allah belum mempercayakan lagi untuk mendapatkan keturunan. Sedihhhh

Vey mengatakan...

Subhanallah.. ternyata banyak juga yang mengalami hal yang sama.. Saya jg mengalami KET di kehamilan ketiga, pada Mei tahun 2017. Pendarahan hebat di dalam, tidak terdeteksi sejak dini, Alhamdulillah bisa memperoleh penanganan cepat, saluran tuba falopi sebelah kiri pecah dan harus dipotong. Tahun 2018, Alhamdulillah mendapatkan amanah dapat hamil kembali, normal, dalam rahim. Melahirkan bulan Oktober 2018 juga secara normal. Tidak disangka2 di bulan April 2019, setelah mens selama seminggu, tiba2 perut bagian kanan bawah terasa sangat sakit. Dengan serangkaian test, akhirnya diketahui positif hamil, dan ektopik kembali, di saluran sebelah kanan. Darah yang awalnya dikira mens, ternyata darah yang keluar dr tuba falopi yg mulai pecah dan mencari jalan keluar melalui rahim. Sekarang qodarallah kedua tuba falopi sudah diangkat dan otomatis steril. Wanita yg sudah pernah mengalami KET harus selalu waspada, krn dapat terulang kembali.

Unknown mengatakan...

3 mei 2019 kemarin saya juga oprasi KET. qodarullah tuba bagian kanan harus diangkat karena sudah pecah. Mbak zana bisa tau tuba mbak zana sehat dengan apa mbak ? Apa melalui tes hsg. Karena takut KET terulang. Karena tuba tinggal 1.

Zana Zahra mengatakan...

@unknown: semoga sehat2 terus ya ke depannya. Aamiin :)

Zana Zahra mengatakan...

@putri:
Wa'alaykumussalam. Tetep semangat mba. Insya Allah, Allah berikan yg terbaik ya. Aamiin :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Tetep semangat mba. Tidak ada yg tidak mungkin bagi Allah. Semoga Allah beri yg terbaik ya mba. Aamiin :) *big hug*

Zana Zahra mengatakan...

@vey:
Masya Allah. Semoga Allah selalu beri kebaikan untuk mba vey ya. Aamiin..
Iya mba. Saya jg msh trauma. Jadinya sampai skrg selalu sedia testpack klo haidhnya telat 1 atau 2 hari. Biar bisa dideteksi dini kehamilannya.
Terima kasih mba sarannya :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Tetep semangat ya mba. Semoga Allah beri yg terbaik. Aamiin :)
Saya ambil kesimpulan tuba saya yg satunya lg sehat karena Allah sudah memberi kemudahan untuk kehamilan2 berikutnya mba, alhamdulillaah

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba,salam kenal saya pernah operasi KET jga,tpi udh 4 tahun yg lalu,yg mmbuat saya sedih sampai skrg mba stlah operasi hamil diluar kndungan dulu smpai saat skrg in saya belum jga ad tanda2 kehamilan mba pda hal saya ingin sekali punya anak sprti yg lain.

Anonim mengatakan...

pagi mba eka, mohon info nya. apakah setelah KET kan hamil lagi, apakah linu perutnya merasakan ke bagian kiri setelah yg ket itu lagi??

Anonim mengatakan...

assalammialaikum mba zana , saya ayu dari bandung. Tahun 2018 pas sehabis lebaran saya pun KET di sebelah kanan. dan Alhamulillah 15.05.19 saya di nyatakan positive oleh dokter.
Yang saya mau tanyakan adalah, apakah waktu mba hamil setelah KET terasa linu hamil selanjutnya ke bagian yang bekas KET ? atau memang rasanya normal pasti linu2 perut bagian bawah dan posisinya dimana2 termasuk mendekati bekas KET . Mohon informasinya ����

Zana Zahra mengatakan...

@ayu:
Wa'alaykumussalam. Pas hamil kedua setelah KET, perut di bagian bekas operasi kadang2 terasa perih. Seringnya klo kecapean. Tp setelah dibawa istirahat sambil tiduran, alhamdulillah bisa berkurang perihnya. Linu2 selama kehamilan insya Allah wajar karena tubuh sedang penyesuaian dg kondisi perut yg semakin membesar.
Semoga sehat dan lancar kehamilannya hingga persalinannya ya mba. Aamiin :)

Anonim mengatakan...

terimakasih mba zana mohon doanya agar semua berjalan lancar dan tidaj terjadi hal serupa dikehamilan ku yg skrg ini. Oia mba saya juga masih sedikit penasaran hehe , boleh ya saya tanya lagi. Apakah dikehamilan setelah KET mba diminta doktwr untuk periksa memastikan bahwa kehamilan yg skrg KET lagi atau tidaknya tidak? doakan ya mba ����

Zana Zahra mengatakan...

@ayu:
Iya mba. Setelah hasil testpack positif, saya langsung ke dokter kandungan untuk memastikan posisi janin ada di kantung rahim lewat usg

Anonim mengatakan...

alhamdulillah mba terimakasih atas responnya yang cepat, sangat membantu informasinya ��

Zana Zahra mengatakan...

@ayu:
Sama-sama, mba :)

Anonim mengatakan...

Hello mba, terima kasih untuk sharingnya.
Awalnya saya merasakan sakit luar biasa di bagian anus pada masa haid saya, hingga dibawa ke UGD. Namun kmren USG terdapat 'sesuatu' seperti kantong janin diluar rahim (kemungkinan, dokterpun masih ragu) dan test urin melalui labor hasilnya 'positif samar'. Dan dokter menyarankan observasi selama 1 minggu ini.
Yang mau saya tanyakan:
1. Test apa saja yang dilakukan mba atau teman2 lain?
2. Perlukah mencari 2nd opinion kedokter lain?

Zana Zahra mengatakan...

@anonim:
1. Karena saya sudah terlambat ditangani, saya hanya dicek melalui usg mba. Di hasil usgnya terlihat ada janin di saluran tuba, tapi sudah pecah. Mungkin teman2 lain ada yg bisa share hasil pengalamannnya :)

2. Sepertinya perlu mencari second opinion mba. Seminggu sebelum kejadian pendarahan parah, saya sudah ke dokter kandungan. Sudah di-usg juga dan dicek dalam lewat saluran bawah, tapi dokter gak menemukan tanda2 KET. Mungkin karena saya belum cek testpack, jadi dikiranya pendarahan haid biasa karena stres. Monggo dicoba ke dokter lain ya mba, untuk menguatkan diagnosa.

Semoga sehat2 ya mba. Aamiin :)

Unknown mengatakan...

Salam kenal bu ibu smwa. Sy jg termasuk seorg ibu yg menantikan buah hati. Desember 2016 sy hamil karena kecapekan perjalanan sy keguguran normal gk smpe kuret. Promil kembali dan positif di bulan mei 2017... UK 7 mggu di awal juli ngeflek2 dan nyeri hebat di seluruh perut. Sm dokter dinyatakan KET. Dr memutuskan tdk lgsg operasi yaitu dg cara kemoterapi MTX. Karena udh pecah sy pendarahan dlm hebat smpe 3L. Krna kondisi drop sy sdh gak sadar dan kritis di iCU... harapan sy hanya "ya allah panjangkan dan berkahilah umurku" kondisi udh jelek bgt dan dioperasi pengangkatan tuba malam2 dan butuh darah 6 kantong. Alhmdllh darah tersedia. Setelah operasi kembali masuk ICU krna kondisi msh jelek. Alhmdllh dikasih umur panjang sm allah dan diberi kesehatan kembali. 3x mens baru boleh program lg. November program utk menghindari KET sy cek HSG dll alhmdllh des 2017 lgsg program dan DES kembali positif dan hamil kembar bun 2kantong. Namun allah berkata lain, wlopun kita sdh istirahat minum penguat kandungan dll klo allah blm memberikan amanah akan lepas jg baby dr rahim. Kembali keguguran. Sedih bun 3x hamil keguguran.... karena trauma 2018 aq istirahat dlu. Dan kembali program jan 2019. Ikuti smwa prosedur dr cek ini itu pertubasi dll alhmdllh tuba yg tinggal 1 itu lancar dan tdk ada sumbatan. Mei alhmdllh postif. 29 mei usg bak disambar petir KET kembali yg 1nya. Nangis 2hr gak bs berhenti. Ya allah ya tuhanku. Ujian pernikahanku sungguh berat tp ku yakin setiap hamba diberi cobaan sesuai kemampuan masing2... pasca lebaran hrs segera di operasi. Nnti istirahat beberapa bln dan promil terahir yaitu bayi tabung. Aq sdh belajar mulai mengiklaskan. Karena janin2ku yg keguguran itu jika kita iklas merekalah yg menolong manarik kita ke surganya allah. Doain yg terbaik ya bun. Maaf kepanjangan

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Masya Allah.. Luar biasa banget mba perjuangannya. Semoga Allah berikan pahala kesabaran dan pengganti yang terbaik ya mba.
Tetap semangaaat mba *big hug*

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mbk zana..kisah kita hampir sama. Diusia pernikahanku yg ke 5 th aq bru di beri garis dua. Dg rasa skit yg luar biasa..stelh 2 mggu mersskn skit bru di bw ke dokter kndungan. Alhasil sy diagnosa hamil anggur.dan disarankn segera di operasi. Omg rasa kalut yg bgitu dlm..( hnya bs pasrah)kmudian aq dirawat slma 2 hr..dan rasa sakitpun hilang dan akhirny aq dan suami mnta pulang.stlh beberapa hr kmudian rasa sakit timbul lg.skit luar biasa, gk bs gerak..gk bs ngpa2in.(sempat diurut kirain msuk angin). Rasa skitpun mulai berkurang tp tetap rutin kontrol k dokter specialis kndungn.kontrol ke 2 & 3 drah yg dikira hamil anggur sdh sngt jauh berkurg. Dan kontrol ke 4 brulh kelihatan trnyata aq ket.wow shock bnget namun aq pasrah dan ikhlas. Rasa sakitpun mulai melilit diseluruh perut smpai ke belakang..oh luar biasa skitnya..aq pun di bawa ke ugd..dan lgsg ditangani..tepatnya pertengahan puasa tgl 20 mei 2019 ditengah mlm aq di operasi.alhmdulillah semua brjln lncar..Allah beri aq kemudahan tnpa mersakan skit saat mw operasi dan tidak pl merasakn skt stelh hbs bius.(krna 1 bulanan mersakan skit luar biasa..dan skitnya hlg timbul). Usai operasi aq kontrol lg..dan di kontrol ke 2 aq sdh haid(jeda 20 hr usai op) dokter blg aq dh mulai subur lg. Dan tggu 3 bln bru boleh bikin lg..
Bersyukur bnget krna pas ngurut ket nya gk pecah. Sempat pecah gk tau keadaanku sprti apa. Smw mmg sdh di atur oleh yg maha kuasa..
Tapi aq lupa tanya sama dokter apakh tuba falopi sy diangkt atau tdk?
Mbk zana tau gk apkah semua operasi ket diangkat tuba falopi nya?🙏🙏

Dan untuk smw ibu2 tetap semngt yea..jgn lupa berdoa. Dan ikhlasknlh apa yg belum mnjdi hak kita..mgkin Allah lg mempersiapkan kado terindh utk kita.semangat promil ibu2 luar biasa.
Maaf kepnjangn mbk zana

Unknown mengatakan...

Gak boleh patah semngat mbk q jg pernah ket feb 2017 alhmdulillh feb 2019 hamil lg mbk skrg sdh jln 6buln jd ttp semngat n berdoa nya😁

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Tetap semangat mbaa.. insya Allah segera diberi ganti yg terbaik *big hug*

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Masyaa Allah.. tetap semangat ya mba. Insya Allah diberi yg terbaik oleh Allah. Aamiin.. :)

Saya kurang paham mba apakah setiap operasi KET pasti diangkat tuba falopinya. Mungkin mba bisa bertanya kembali ke dokternya pas kontrol biar lebih jelas :)

Zana Zahra mengatakan...

@anonim:
Iya mba. Linunya di sekitaran luka bekas operasi. Kadang di kanan, kadang di kiri

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Insya Allah normal mba. Itu darah nifas :)

Unknown mengatakan...

Aqu jg hbis pasca operasi KET 20 Juni. Prbanan ny udh di buka.skrng aq merasakan sprti gtran kcil di Miss v.itu knpa ia Bun

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Masih pemulihan mungkin mba. Tetap semangat ya :)

rohaeni mengatakan...

Asalmualikum mba zana,sya 1 juli kmrin abis oprasi KtE,mba mau nnya apakah mba memakai KB paska operasi apa ga mba..trus brpa bln stlh operasi mba HB sma suami...soal nya sya masih takut mba.makas

Unknown mengatakan...

saya ket operasi ket 14 juli kemarin. dokternya nyaranin pke kondom klo hb. tp saya takut kebobolan jdinya skg pke kb suntik.

Unknown mengatakan...

saya operasi ket 14 juli kemarin. skg masa pemulihan. tuba sebelah kiri sdh diangkat. insya allah msh diberi kesempatan untuk bisa hamil lg

Unknown mengatakan...

mba Eka kok Aku rasanya baca artikel ini jd pengen nangis. Soalnya Aku LG di observasi selama 2 Minggu. Karna ada kekhawatiran dokter Aku hamil dluar kandungan. Jangankan nunggu 2minggu. Skrg2 blm sampe seminggu Aku udh stres, takut, gelisah. Wlwpun dokter sudah bilang jangan stres. Rasanya sulit buat ga kepikiran. Mintadoanya ya buat tmn2 semua. Mudah2 kehamilan Aku skrg ga knp2. Dan masih rezekinya Aku,..Amin😢

Zana Zahra mengatakan...

@rohaeni:
Saya gak pakai kb mba. Hanya disesuaikan agar meminimalisir kemungkinan pembuahan :)

Promil saya lakukan 3 bulan pasca operasi, sesuai dg saran dokter kedua (dokter pertama membolehkan langsung promil pasca operasi. Dokter kedua menyarankan untuk diberi jeda 3 bulan untuk promil)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Aamiin.. insya Allah mba. Tetap semangat ya :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Tetap semangat mbaa.. Insya Allah diberi jalan yg terbaik ya. Sehat2 selalu :)

Unknown mengatakan...

Halo mbk saya jg habis operasi ket bln juli ini.ini kehamilan sy ke 3.tuba kiri saya terpaksa diambil krn janin lengket disana.saat ini sy lg masa pemulihan.kalau masalah trauma hamil jelas ya sgt trauma ya tp kt berusaha ambil positif nya.smoga anak kt yg kmren gagal ini menjd penolong kt saat diakhirat.amin..semangat buat ibu2 smuanya..wlw mungkin perasaan kt smua hampir sama ya.galau sedih campur2

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Aamiin ya Allah. Tetap semangat ya mba :)

Unknown mengatakan...

Makasih mbak..insyallah sy pasrah sm takdir allah..

Syf mengatakan...

Halo mba salam kenal, saya baru saja operasi KET tgl 25 juli ini. Kaget dan sedih pastinya. Ini adalah kehamilan pertama saya😭.yanh saya mau tanyakan ke mba, brp lama waktu itu mba rawat jalan drumah. Boleh ngg ya satu minggu pasca operasi langsung bekerja kembali.
Karna pekerjaan saya adalah sebagai guru TK saya khawatir trhadap murid2 saya juga jika saya trlalu lama istrahat dirumah. Trimakasih mba

Unknown mengatakan...

Assalammualaikum mbak
Saya juga tgl 19 juli kmrn op Ket.ini kehamilan ke2.dan tuba kanan mesti diangkat.benar2 luar biasa sakitnya.pingsan sampe berkali2..sy jd trauma utk hamil.😭
Mbak kan didianogsa msk 4 bln ya? Berarti mbk slama 4 bulan tu dapat haid trus?

Unknown mengatakan...

Mba saya operasi ket tgl 11 juli. Sekarang ada nyeri di perut kiri bawah. Pegel ke paha
Apakah wajar mba?.

Zana Zahra mengatakan...

@Syf:
Tetap semangat ya mba. Insya Allah diganti dengan yg lebih baik sama Allah :)

Lamanya istirahat sepertinya tergantung ketahanan masing2 mba. Saya termasuk tipe yg gak tahan sakit. Jalan aja baru bisa seminggu pasca operasi. Hehe..
Saya cuti kerja 2 bulan. Disesuaikan aja mba dengan kondisi mba :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussam.
Semoga sehat2 terus ya mba :)

Iya mba. Selama 4 bulan itu haidh rutin. Di bulan pertama sebenernya sudah telat haidh beberapa hari. Tapi belum sempat pakai testpack, sudah keluar darah haidhnya. Qadarullah, jadi saya gak tau klo lagi hamil

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Insya Allah wajar mba. Saya jg sampai saat ini kadang masih terasa ngilu klo kecapean.
Klo masih bingung dan ragu, mungkin mba bisa coba konsultasi dengan dokter ya mba

Unknown mengatakan...

Berrti sama dg saya mbak..saya juga haid..janin masuk 2 bulan..juni juli saya haid.cuma juli kmrn ngeflek 4 hari dan smgguan drh haid kluar..kalau gini harus sedia testpack klo telat lbh 3 hari..jadi parnoan😱.

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Iya mba. Sampai sekarang saya juga selalu sedia testpack mba :)

Unknown mengatakan...

Mbak ada konsul kedokter kenapa hamil ttp haid gitu?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Kemungkinan itu bukan darah haidh mba. Tp sudah mulai pendarahan dalam

Unknown mengatakan...

Mba mau tanya, kira2 mba dulu haid pasca operasi berapa lama ?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Sekitar 1,5 atau 2 bulan klo gak salah mba. Nifas sekitar 2 minggu

Eka Yuniati mengatakan...

Mba Zana.. Salam kenal saya eka

Syukron atas motivasi nya.. Aku juga di operasi Ket tgl 29 Juli kmrn.. Itu baru nikah 2 bulan.. Hamil anak ke 1 dan Allah takdirkan hamil ektopik.. Tp kita para calon ibu harus kuat ya.. Laa yukal lifullaahu nafsan illaa wus'ahaa.. ALLAH kasih ujian ini karena kita yg sanggup.. Semoga selalu bisa berhusnuzhon bahwa ini takdir terbaik dari Nya..

Mba Zana.. Operasi ket itu sama seperti cesar ya.. Klo yg laparatomi.. Soalnya klo yg laparoskopi itu hanya kecil (1-1,5 cm) besar sayatan nya..

Trus saya alhamdulillah hari ke 3 operasi sudah bisa jalan.. Tp ini masih bingung mulai ngajar sd lg kapan.. Dpt cuti melahirkan seh 2 bulan..

Perasaan kita sama ya ibu3 kuat.. Ketika merasakan sakit.. Tp dede bayinya dah d surga itu.. Maasya Allah sedihnya.. Apalagi pas. D. Rs satu ruangan sama ibu yg bayinya alhamdulillah lahir sehat..

Semoga Allah berikan ganti yg terbaik.. Dgn kabar indah kehamilan normal d rahim dan bisa melahirkan norma. Ibu dan bayinya sehat.. Aamiin Allaahumma Aamiin

Oh ya.. Utk mulai berhubungan intim dgn suami pasca operasi itu berapa lama y mba... Apakah harus 'azl.. Kalau pakai kondom agak khawatir juga soalnya..


Klo promil seh ada yg bilang 2 x atau 3 x siklus menstruasi dlu.. Agar jahitan d dalam ny juga sdh sembuh

Unknown mengatakan...

Salam kenal ya ibu2 semuanya,aq jg sama persis kayak mb zana Di hamil yg ke 3 hrs oprasi ket, kyak Cesar sih kira2 9 cm/sejengkal dibawah pusar ,cman g sampe mual muntah tp sekarang dah 5 bulan setelah oprasi 9 maret 2019 tp kok sering sakit klo kecapean rasanya ceklit2 dan pinggang sebelah kanan jg sakit tp tiba2 nti ilang sendiri apa emg begitu?..
Jadi trauma dan takut hamil lg,,apalagi suami dah g mau pnya anak ktnya,,,takut klo istrinya hmil di operasi lg..oya setelah 1 bulan operasi aq suntik kb yg 3 bulan dan sampe sekrg blm dpt haid lg .

Zana Zahra mengatakan...

@eka yuniati:
Salam kenal juga mba. Insya Allah diberi ganti yg lebih baik ya mba. Aamiin :)

Masya Allah, mantap banget 3 hari udah bisa jalan. Untuk mulai kerja, tergantung kesiapan mba aja. Sambil dijaga kondisinya untuk promil berikutnya.

Bisa dikomunikasikan dulu dg suami mba tentang itu. Apakah pakai kontrasepsi alami atau buatan. Senyamannya mba dan suami aja :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Kayaknya sakit kayak gitu masih normal mba. Pemulihan pasca operasi setiap org berbeda2. Klo masih ragu tentang penyebab sakitnya, monggo dicek ke dokternya mba.

Suntik kb 3 bulanan efeknya beda2 juga kayaknya mba. Saya malah haidh sampai 3 bulan :")

Ida Fitri mengatakan...

Assalamu'alaikum mbak Zana..
Saya juga baru melakukan operasi KET tgl 23 agustus 2019 dan tuba kiri saya diangkat, mbak Zana nggak KB tp selang waktu brp minggu HB nya mbak? apa perut bekas operasi nggak ngerasa sakit tiap HB?

poetrie kartika mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
poetrie kartika mengatakan...

saya sebelum operasi ket harus dikuret dulu, ternyata saya hamil kembar 1 didalam kandungan 1 diluar kandungan. ga sampai setahun alhamdulillah bisa hamil (kebobolan) dan didalam kandungan tapi sayangnya g berkembang jadi harus kuret lagi. sampai sekarang kadang2 msh nyeri dan operasi sy bulan Maret 2018

Zana Zahra mengatakan...

@ida fitri:
Wa'alaykumussalam.
Disesuaikan saja mba menunggu lukanya gak sakit :)

Zana Zahra mengatakan...

@poetri kartika:
Masya Allah.. Semoga Allah ganti dg yg lebih baik ya mba. Aamiin..

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum salam kenal mba Eka, masyaallah banyak juga yg ngalamin KET.aku juga abis op Ket 19 Juli 2019 Mudahan aku di beri pengganti nya juga, sempet sedih tapi kan kuasa Allah ya yg insyaallah di gantikan lagi posthink aja bismillahirrahmanirrahim mudahan segera di beri lagi.kejadian nya mirip mirip ya aku baca dari awal uhh😂 tetap semangat para bunda semua nya saling mendoakan ya

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Salam kenal juga :)

Aamiin.. Insya Allah diberi ganti dg yg lebih baik ya mba. Tetap semangat :)

Unknown mengatakan...

Hallo mbaa salam kenal ,
17 Agustus 2019 saya juga operasi ket dan tuba falopi diangkat sebelah kiri , saat ini lagi masa pemulihan , tapi perut saya sebelah kiri kok sedikit bengkak yaa. Terus kalau bangun tidur itu perut rasanya seperti gak enak layaknya seperti nahan kencing rasa nya . Apa mba sama sprti itu jg ?? Bisa minta WA nya mba utk sharing2??

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Salam kenal juga mba :)
Coba dikonsulkan ke dokternya mba biar lebih jelas itu bengkaknya krn luka luar atau bukan.
Pemulihan setiap orang beda mungkin ya mba. Dulu saya cuma begah, linu, dan perih2 aja di sekitaran bekas operasinya

My Precious Moment's ♥♥ mengatakan...

Salam kenal ya mba, 6 bln lalu aku juga habis operasi KET, dan alhamdulillah bulan ini aku dikasih positif, aku lgsg ke dokterku minta di usg tapi katanya blm terlihat.. memang semenjak habis operasi suka parnoan sendiri ya mba, kadang sugesti suka ngerasa linu dikit aku lgsg tespek haha.. sekarang pun aku begitu nunggu akhir bulan buat jadwal usg lagi rasanya udah ga sabar.. mudah2an kehamilan aku yg skrg sesuai letaknya di rahim dan bisa sehat sampai persalinan nanti.. amin allahuma amin..

Zana Zahra mengatakan...

@my precious moment's:
Salam kenal juga mba :)
Alhamdulillaah.. Semoga sehat2 selalu ya mba. Aamiin :)

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum.. Salam kenal mbak.
Qodarullah sy baru sj mengalami hamil ektopik dan skr msh dlm pemulihan krna baru 5hari yg lalu. Tuba kanan sy yg diangkat.. Mau tanya mbak.. Pinggang atau panggul pokoknya area kanan bawah ini sakitnya lbh terasa sakit bgt itu apa efek karna tuba kanan sy diangkat mbak? Trs sakitnya bisa hilang smpe brp lama? Trmksh mbak. Smga sehat sllu

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Salam kenal juga mba :)

Sepertinya begitu mba. Saya dulu sakitnya mulai berkurang sekitar 3-4 pekan. Tapi klo rasa ngilunya masih terasa sampai sekarang kadang2 :")

Unknown mengatakan...

Hallo mbaa , mau tanya setelah Op Ket berapa lama mba makan telur,sambel ataupun seafood2 gitu yaa ?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Dokter saya gak ngasih pantangan apa2 mba. Setelah operasi justru saya makan telur rebus banyak biar untuk mempercepat pemulihan luka operasi :)
Kalau sambel dan seafood, kebetulan saya memang gak doyan. Hehe..

Unknown mengatakan...

Aku baru aja operasi KET 3 hari lalu , sempat bener2 drop rasain semua sakitnya plus rasa takut tidak bisa hamil lagi. Setlah baca kisah mbak ini aku jadi sadar untuk tetap semngat berbaik sangka sama Allah. Trimakasih motovasinya mbak

Unknown mengatakan...

Masya Allah mbak,, Aku gak kuat terus menitiskan air mata sambil terus membaca tulisan mbak eka, karena saat ini aku jg lagi masih dalam penanganan KET,,karena Aku penasaran Sebenernya apa sih KET Itu dan seberapa berbahayanya sih KET Itu untuk yg mengalaminya dan Insyaa Allah besok saya baru akan mendapatkan observasi lanjutan setelah tadi radiology dan dapat penjelasan dari dokter 😭
Mohon doanya ya mbak,, supaya saya jg bisa kuat seperti mbak eka yang bisa melalui operasi KET dengan lancar 🤲🤲🤲

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Alhamdulillaah.. Senang rasanya bisa saling berbagi dan menyemangati :)

Semoga lekas pulih kembali dan digantikan dengan yg lebih baik ya mba. Aamiin.. :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Semoga operasinya lancar, sehat, dan bisa kembali pulih ya mbaa..

Insya Allah ini adalah yg terbaik dan Allah gantikan pula dengan yg terbaik.
Semangat ya mba.. *salam peluk dari jauh*

Unknown mengatakan...

Ass.sya jg prnh mrsakn KET..pdhl sya KB implan ga kpikirn sm sx klo hml.ktn stiap bln jg dpt haid.stlh mersakn skit yg hbat sy keRS dn mlkukn USG hsilnya ket.tuba kiri hrs diangkt.pasca KeT kini klo angkt berat nyeri bkas potongn tuba..bkin trauma krn sakitnya luar biasa..smga bunda2 sehat sellu amiiiin

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Aamiin yaa rabbal'aalamiin :)

Unknown mengatakan...

Hii mbaa ,, mau tanya mba setelah operasi Ket jarak berapa lama baru berhubungan sm suami lagi ??

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Disesuaikan saja dg kondisi jika lukanya sudah tidak terlalu sakit, mba :)

Unknown mengatakan...

Assalamualikum..
Saya habis op KET tgl 9nov 2019 kemarin. Skrg udah 2mgguan operasi bagian perut sebelah kanan sakit/linu gituuu . Tuba sebelah kiri yang di angkat tp yang sakit kanan.

KB apa yang bagus biar gak kebobolan lagi ya kak ? Soalnya msih trauma . Blm kepikiran punya anak dulu. Karna trauma sama sakit nya di operasi KET. Dan harus kehilangan janin anak ke 2.

Trimaksih

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Saya sempat pakai KB suntik 3 bulanan krn sedang menyusui. Tp ternyata gak cocok, jadi saya belum pakai KB apa2 sekarang

Khairunnisa mengatakan...

Assalamualaikum ... salam kenal mba, saya juga baru seminggu operasi KET, setelah 3 minggu pasca kuret, 2 kali merasakan sakit..😭, awalnya janin didlm kandungan ga bagus dan sy merasakan sakit yang luar biasa akhirnya dokter menyarankan utk dikuret, tp 3 minggu setelah dikuret tiba2 perut melilit, bdn lemas dan mata berkunang2 pucat. Emmang pasca kuret saya masih mengeluarkan darah, tp bukan seperti darah haid tp darah segar, dipikir saya itu normal krn efek kuret, tp trnyata harus dilatikan ke ugd juga dan terdeteksi KET, saat itu juga dioperasi, sakitnya seperti SC. Ini anak ke 3 tp yg ga jadi.. sedih banget mba.. waktu anak pertama lahir normal, anak ke 2 SC dan ini harus SC lagi tapi tanpa anak😔😥, hanya merasakan sakit aja... hiks..hiks.. hiks.. saya juga tadinya ga tau kalo lagi hamil karena dipikir hanya telat aja, trnyata pasca kuret ditest urine msh positif. 2 kantong darah akhirnya dipakai krn sekitarb1 liter darah keluar dr tubuh. Pemulihan fisik ga seberapa.. tp bathin rasanya msh shock dan kynya blm bisa ikhlas atas kejadian yg menimpa. Ya allah... mohon slalu lindungi aku, mohon slalu tetap ada disampingku disaat senang maupun susah..😭😭😭

Zana Zahra mengatakan...

@khairunnisa:
Wa'alaykumussalam. Salam kenal juga mba.
Semoga Allah ganti dg yg lebih baik ya mba. Aamiin..
Tetap semangat mba :)

Unknown mengatakan...

Saya baca artikel mbakk sambil nangis...saya post kuret 6 hari yg lalu...td sore pas pulang kerja tiba2 perut sakit campur mules melilit sampai gak bisa bangun...malamnya kontrol ke Sp.OG dan Qadarullah...terdiagnosa KET jg...pas usg keliatan janinnya nempel di indung telur...besok rencana Operasi Laparatomy...minta doanya ya mbakk...salam kenal Yusnani

Zana Zahra mengatakan...

@Yusnani:
Salam kenal juga mba. Semoga lekas pulih kembali ya mba. Insya Allah diganti dg yg lebih baik sama Allah. Aamiin :)

Unknown mengatakan...

salam kenal mbk eka..tgl 23 dec kemarin saya juga habiz operasi ket tuk yg kedua kalinya mbk...cuma iseng2 stelah operasi hampir 13 hari ku coba test pack kok masih positif ya mbk..apa emang kadar hcg itu blum hilang atau gmna ya mbk..soalnya masih was2 mbk..takut msih ada janin di dlam kandungan..msih trauma jahitan operasi mbk..apa mbk juga prnah ngalamin setelah operasi di test pack msh garis 2 mbk

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Coba dicek ke dokter kandungan saja mba. Saya mulai pakai testpack kira2 dua bulan setelah operasi. Jadi saya kurang paham juga apakah masih ada kadar hcg pasca operasi ket kurang dari sebulan atau tidak 🙏

Ada harta jaya mengatakan...

iya itu lapak tomi mbak, semua pasien ket yang udah parah pasti semua akan dilakukan operasi laparatomi mbak

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,,,tgl30 Desember kemarin saya operasi Ket krna hamil diluar kandungan,setelah 3 Minggu saya Hb sama suami tp saya tidak merasakan apa".selang sehari saya keluar darah seperti haid gt slma 2 hari,normal tidak ych,mohon penjelasan'y,terima kasih

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Wah, saya kurang paham juga mba. Mungkin bisa dikonsultasikan ke dokter kandungannya mba :)

Unknown mengatakan...

Oh gt,wkt itu mba brp bln Hb sama suami pasca operasi Ket,maaf yach mba klw lancang,coz saya tkt knp"?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Senyamannya aja mba. Yg penting luka bekas operasinya udah gak terlalu sakit. Atau bisa juga dikonsultasikan ke dokternya, kapan boleh promil lagi

Unknown mengatakan...

Iya mb,,, sya juga mengalami sama persis seperti tetangga mb yg dkiranya keguguran biasa setelah kuret 2 minggu trnyta hamil d luar kandungan,,, yach harus d angkat sebelah kiri,,, ini sudah berjalan 7bln,,,saya sekarang sedang melakukan program untuk kehamilan,,, semoga allah memberi saya rezeki lagi bisa hamil. Aamiin

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Aamiin yaa rabbal'aalamiin. Semangat mba :)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum , sy juga habis oprasi KET 6hari yang lalu , jahitannya masih agak sakit tapi terkadang saya takut dan sedih kalau saya tdk bsa hamil lagi , tapi setelah saya baca tulisan bunda saya merasa punya semangat kembali bun , mohon di doakan ya bun smoga diberikan lagi rejeki momongan oleh Allah SWT

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum ... Tgl 9 feb kemarin saya juga operasi ket gejala yang saya alami sama dengan yang dialami mbk zana ...tapi tidak saya rasa ..seminggu setelah itu saya ngeflek baru saya USG ternyata kehamilan bermasalah ...saya mengalami Ket ketika pernikahan ku menginjak bulan ke 3 ..semoga saya juga seperti mbk zana yang dianugerahkan anak setelah 3 bln operasi ... Aamiin...

Zana Zahra mengatakan...

Wa'alaykumussalam. Insya Allah segera diberi pengganti yg lebih baik ya mba. Aamiin..

Semangat ya mbaa

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Aamiin ya rabbal'aalamiin.. Insya Allah segera diberi pengganti yg lebih baik ya.

Saya waktu operasi KET sekitar 4 bulan setelah menikah. Tetap semangat mbaa :)

Unknown mengatakan...

Aamiin ya rabbal aalamiin....
#Iya mbk semangaaaat :D

Anonim mengatakan...

Mba aku hbs oprasi ket udh 2bulan ko aku masih keluar flek ya itu kenapa ya mba aman kan apa harus periksa k.dokter lagi ya

Anonim mengatakan...

Aku juga sama persis kya mba....
Yang aku mau tnya ko aku masih kluar flek padahal udh 2 bulan ya mba itu wajar ga sih apa aku harus priksa k.dokter lagi

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Kurang paham juga sy mba. Mungkin harus dikonsultasikan ke dokter kandungannya mba

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum, saya juga abis operasi KET 31 maret kemarin, sekitar 7hari nifas dan kemarin pas sebulan aku haid, tp haidnya di iringi perut yg melilit hebat sampe sakit bgt rasanya, darah yg keluar pun banyak sampe harus ganti pembalut tiap 3jam sekali, itu normal kah mba? Takutnya bukan darah haid.

Zana Zahra mengatakan...

@anonim:
Wa'alaykumussalam. Coba dicek ke dokter mba karena ada penyerta sakit di bagian perut. Sepengalaman saya, yg darahnya sederas itu darah nifas, tapi perutnya juga gak sampai melilit hebat

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,salam kenal mb zana..perkenalkan sy Selly,ya Allah mb sy baca pengalamn MB zana sy nangis..tepat 23 April hari Kamis pagi,jm 7 sy merasakan sakit perut yg sangat hebat skli...sm suami di bw k'RS tdekat dr rmh,msuk ke UGD..dan sesampai nya di UGD itu pengamanan nya lama sekali..didiagnosa dktr UGD lambung,usus buntu lah..sm suster nybjg sy di psng kateter,ngerasain perut skit ny itu subhanallah skit ny bukan main..tensi rendah,muka pucat pasi,kaki dingin..perut membesar.. qadarullah,atas izin Allah.. mukzijat yg allah ksh lewat dktr bedah yg periksa sy,lngsng tw kemungkinan ad pendarahan dirahim..dan ktka ditnya kpn selsai haid,sy blng 4 hr yg lalu dok..tp msh ad sisa kputihan cmpur drah, Alhamdulillah dktr kandungan saat itu lg praktek..stlah,diperiksa via TV tnyata bnar sy hamil diluar kandungan dan darah ny sudah bnyk warna hitam smua..lngsng tindakan operasi,ya Allah rsa ny klo inget2 wkt itu smpe skrng msh trauma mb..krna yg sy rasain itu bukan cm perut skit aja..tp kyk ad yg jl ddlm perut itu ke dada smpe sy nafas aja susah.. Alhamdulillah,sy msh di beri kesempatan hidup,utk mnjdi LBH baik lg...pasca op sy jg transfusi drh 3 kntng..skrng sudh 2 mnggu pasca op..msh nyeri..tuba falopi sy jg di potong mb sblh kanan..sthn yg lalu sy jg ngalamin hamil di dlm kandungan tp tdk bkmbng,dan alhasil sy dikuret...smpe skrng jg sy msh ad rs bersalah dan kecolongan...smga buat ibu2 yg ngalamin hal yg sm..ttp semangat y,smga baik2 aj,dan kt sllu diksh sehat trs aamiin..dan rs trauma it tdk akn bs hilang....terima kasih mb zana utk pnglmn ny..dan ttp sy pun hrs waspada dan sedia TP.

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Masya Allah.. Alhamdulillah bisa tertangani dg baik ya mba. Semoga sehat2 selalu :)

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba, salam kenal mbaa 😊 duhh mbaa sy jd flashback ini kasusnya sm persis yg sy alami jg pertengahan Juli 2018 ngalamin KET jugaa dan ditindak OP seperti SC gt buat ngeluarin pendarahan yg uda penuh msk dlm perut huhuu, mau nafas aja kesusahan rasanyaa dan nyawa udah fifty² 🤭 dan hrs dgn ikhlas saluran tuba yg kiri diangkat/potong, jd hny tersisa harapan utk memiliki momongan saluran tuba yg kanan huhuu. Qodarullah skrg sy sedang hamil 20w dgn jarak hamil 18 bln pasca KET ☺️ sy tertarik sm ceritanyaa mba pasca KET bisa lahiran normal MasyaAllah lho mbaa,,,sy jugaa berharap bisa lahiran normal nantinyaa ☺️ bagi² tips nyaa yaa mba gmn bs ngeyakinin buat lahir normal pasca KET hehee...

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Salam kenal mba :)

Dokter kandungan yg meyakinkan saya untuk lahiran normal mba. Beliau memastikan bahwa luka operasinya sudah kering dan bisa untuk melahirkan normal :)

Dini mengatakan...

Mbk zara salam kenal

Dini mengatakan...

Saya mau cerita oktober 2019 lalu saya operasi KET...awal nya dokter kandungan tidak tau klo saya hmil di luar kandungan krna saya mmng lgi program hamil....sdh 2 bln....begitu 2 bulan saya langsung sakit perut muntah keringat diingin...pas enakan tak buat kerja...kdng kambuh lgi..sampe di bawa kemana2 kata nya usus buntu...dan dokter umum memberi saran untuk ke dktr kandungan....stlh saya periksa ke dktr yg semula nya saya program hamil di situ...di USG baru tau klo ada janin di luar akhirnya di putuskan untuk operasi besar kata nya dh parah...dan janin saya umur 5 minggu..nikah dah 5 tahun..blm di ksh momongan...mau di kasih tetapi Allah berkehendak lain...dan sampai saat ini saya blm hamil..klo pernah operasi Ket apa hrus sering konsultasi ke dokter ???

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Masya Allah.. luar biasa perjuangannya mba :")
Kemarin saya konsultasi ke 2 dokter untuk mencari second opinion untuk promil selanjutnya. Mungkin bisa dikonsultasikan kembali ke dokternya mba. Semoga Allah segera beri pengganti terbaiknya ya mba. Semangat :)

NN mengatakan...

Hi mba.. salam kenal
Baca blog mba, saya mempunyai semangat lg utk bisa hamil normal kembali.
Setelah penantian 10tahun, saya diberi hamil tp kehamilan ektopik.
Baru 6 hari,26 Juni 2020 lalu saya operasi KET dgn laparascopy. Kejadiannya sama spt mba, saya tdk mengetahui klo saya hamil.
Semoga saya bs hamil kembali walaupun dgn tuba sebelah kanan saja.
Ada tips nya apa saja yg di lakukan pasca operasi utk hamil kembali mba?
Terimakasih atas sharing nya ya.

Unknown mengatakan...

Saya juga baru saja menglami operasi KET kak, usia janin 7 minggu, saluran tuba falopi sebelah kiri saya pecah cuma tinggal yg kanan saja, saya masih tkut yg mau program hamil lagi takut terjadi kehamilan diluar kandungan lagi,bisa bagi tips gg, kakak bisa hamil lagi dan bayix itu ada di dalam rahim apa yg perlu di persiapkan

Zana Zahra mengatakan...

@NN:
Semoga diberi ganti dengan yang terbaik ya mba. Aamiin :)

Yang jadi fokus saya dan suami kemarin adalah pemulihan luka bekas operasinya mba. Tidak mengangkat barang berat, tidak mengendarai kendaraan bermotor sendiri, dsb.

Unknown mengatakan...

hi mba .. salam kenal, baca crita mba saya sambil nangis nih.. saya sudah menikah 2 tahun lebih tapi blm di kasih keturunan.. dan pada 21 juli kmarin saya di oprasi ket.. saya gak tau kalau saya itu hamil waktu itu sudah ke klinik tp dibilangnya usus buntu.. waktu pulang dari klinik saya malah makin parah sakitnya rasanya perut semua sakit sampai sesak nafas.. pucat sekali dan badan lemas sampai pingsan beberapa kali.. akhirnya saya di bawa ke ugd, dan setelah pemeriksaan saya di nyatakan hamil ektopik.. tapi calon janinnya udah pecah dan tuba kananpun sudah robek sehingga harus segera di angkat.. rasanya hancur sekali blm lg rasa sakit yg makin gak trtahan.. akhirnya gak nunggu waktu lama saya langsung oprasi, saya udah drop banget waktu op hb saya udah di titik terendah pendarahannya juga sudah 2.5 lt sampai denyut nadi pun sudah berhenti berdenyut kata dokternya..tapi alhamdulillah saya masih diberi umur mba..
walaupun saya masih trauma tapi saya ingin sekali cepat"di kasih momongan.. tapi kata dokternya harus tunggu dlu 6 bulan atau bagusnya setahun..
tapi mba wajar gak sih kalau di sekitar bekas jaitan suka ngilu sama pedih"gitu ??

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Masya Allah perjuangannya mba. Semoga Allah beri pengganti yg lebih baik ya. Aamiin :)

Ngilu dan perih2 gitu insya Allah wajar mba. Saya juga sampai sekarang masih suka terasa ngilu2 lukanya klo kecapekan :"

Ikah fia mengatakan...

Assalamualaikum mba zara,salam kenal.saya baca cerita mba smbil nahan ngilu.krn inget kejadian yg saya alami sama kaya mba. Saya baru satu bulan jg operasi KET. Waktu itu saya kondisinya jg udah kritis,HB nya udah 3,8. Pdhl saya sudah menunggu hmpir 6 tahun untuk hamil.tpi Alloh pny rencana lain.semoga saya bisa hamil normal lagi sprti mba Zara ��

Zana Zahra mengatakan...

@ikah fia:
Masya Allah.. Luar biasa mba perjuangannya :")

Aamiin yaa rabbal'aalamiin. Semoga Allah beri pengganti yang terbaik ya mbaa..

Unknown mengatakan...

@vey assalamualaikum mb, stelah oprasi KET apakah mb menggunakan alat kontrasepsi (KB) tgl 10 juli 2020 sy abis oprasi KET, sy bingung, apakah harus KB

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mb, salam kenal
Tgl 25 juni 2020 sy kuret, tgl 28 sy masuk RS karena sesak napas, tgl 1 sampai 4 juli 2020 sy masuk RS lagi (HB cuma 6, tranfusi 5 kantong) trs tgl 9 juli sy kontrol k dokter kandungan, niat hati mau kontrol pasca kuret, g taunya dokter bilang ada 1 janin lagi tapi d luar kandungan 😭 dan dokter bilang harus d oprasi, akhirnya tgl 10 juli 2020 sy oprasi KET, tgl 12 juli 2020 kluar darah full 1 bed (kluar dr luka jahitan) alhamdulillah, masih d beri umur panjang sampai hari ini...
Mb eka nglepas balut jahitan brapa minggu pasca oprasi? Sampai skarang pumya sy blm sy lepas, krn takut perih klo mandi... plg 3 hari skali sy ganti balutnya

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Salam kenal juga mba :)

Saya udah agak lupa. Pasca operasi, kynya gak ganti kasa selama 1 minggu sampai kontrol pertama. Setelah kontrol, kasanya diganti setiap habis mandi.
Awal2, saya mandinya dilap2 aja biar kasanya gak basah. Hehe..
Untuk menjaga kondisi luka basah, mungkin mba bisa mengurangi kegiatan2 berat atau kegiatan mengangkat benda2 berat yang bisa membuat otot di sekitar luka menegang dan bisa berimbas ke terbukanya jahitan. Bedrest saja mba bila masih memungkinkan. Semoga segera pulih ya mba :)

Vita mengatakan...

Mb saluran tubanya kan gk dpotong.. tpi operasinya sperti cesar kah mb ??

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Saya gak pakai KB alat apapun Mba. Hanya menggunakan KB alami saja :)

Zana Zahra mengatakan...

@vita:
Semoga @unknown yg komen tentang saluran tubanya gak dipotong bisa segera menjawab ya mba :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Mungkin masih efek nifas mba. Klo masih ragu, bisa kontrol lagi mba ke dokter kandungannya. Semoga sehat2 yaa..

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Yang paling saya jaga adalah kondisi luka pasca operasinya dulu mba. Setelah itu baru konsul ke dokter kapan sebaiknya promil mulai dilakukan.

Begitu terlambat haidh, langsung testpack. Jika positif, langsung periksa usg ke dokter dengan menyebutkan riwayat KET agar dokternya bisa langsung memeriksa apakah janinnya berada di dalam rahim atau tidak.

Semoga bisa membantu ya mba :)

Anonim mengatakan...

mbk mau tanya, setelah Ket jaraknya berapa bulan mbk hamil lagi?

Zana Zahra mengatakan...

@anonim:
Alhamdulillah jaraknya sekitar 3 bulanan mba

Niatri mengatakan...

Salam kenal mbak. Trima kasih atas cerita dan pengalaman yang luar biasa menginspirasi dan menjadi penyemangat sya. Sya juga pengalaman hamil diluar kandugan. Telat 3 hari sy tp positif. Selang bbrpa hari perut sya suakit dibagian bawah. Akhirnya sy usg dsog. Hasilnya belum ada apa2 d rahim alias masih bersih kantung janin juga belum ada. Tapi sya crita kal9 perut sya sempat mengalami nyeri2. Sama spog hanya dikasih obat penguat kandungan saja. Sminggu kmudian perut sya suakitt lagi, sy ke spog lagi. Dinyatakan abortus complete. Shg diberi obat peluruh rahim agar bersih. Stlh bbrpa hari perut masih sakit, bbrpa kali kontrol ke bbrp spog hanya dikasih obat nyeri saja. Stlah hampir sebulan begitu, akhirnya pindah dokter. Baru ketauan kalo kehamilan dluar kandungan. Rasanya tdk karuan saat dinyatakan spt itu, dan tindakannya hanya operasi. Pdhal sya sdh rutin cek dokter, tapi bbrpa dokter tdk bisa mendiagnosis hal tsb. Sedih rasanyaa. Akhirnya sya menjalani operasi dan tuba kanan harus diangkat.
Dari blog ini, berasa tdk sendiri mengalami kejadian luar biasa ini.
Btw, kak. Stlh 3bulan pasca KET, kakak melakukan pemeriksaan HSG tidak ya utk promil. Dan setlah 3bulan KET kakak langsung bisa hamil lagi,iu adalah rejeki yg luar biasa dari Alloh.

Niatri mengatakan...

Dan, setelah KET apa kaka langsung promil?

Zana Zahra mengatakan...

@Niatri:
Masya Allah.. luar biasa ya mba perjuangannya.

Saat kontrol pasca KET, dokter sy tidak menyarankan apapun mba. Beliau hanya mengontrol kondisi luka dan rahim dengan USG biasa (bukan HSG).

Dokter yang menangani operasi sy langsung membolehkan promil tanpa menunggu waktu tertentu. Sy juga mencari second opinion ke dokter kandungan di rs lain. Menurut dokter yg kedua ini, sy dibolehkan melakukan promil 3 bulan pasca operasi. Sy dan suami akhirnya memutuskan untuk mengikuti saran dokter yg kedua. Kami memulai promil 3 bulan pasca operasi.

Semoga membantu ya mba. Tetap semangaat :)

Niatri mengatakan...

Makasih yaa kakk. Balasan nya dan makasih motivasinya. Btw kak, promil dari dokternya apa kalo boleh tau?? Dan, kalo tubanya 1 apa mensnya tiap 2bulan sekali kak?
Trima kasih kakk. *big hug*

Zana Zahra mengatakan...

@niatri:
Dokter gak menyebutkan cara promil tertentu. Jadi disesuaikan saja dg kondisi pasangan :)

Saya mensnya tetap sebulan sekali. Setelah melahirkan jg cenderung tetap sebulan sekali mensnya

Niatri mengatakan...

Sya pikir kalo tubanya 1. Mens-nya 2bulan sekali.
Promilnya dikasih obat2 tertentu dari dsog ya kak?
Ihtiar nya apa lagi kak, selain promil ke dokter utk mendapatkan momongan lagi?
Kak @zana trima kasih ya utk balasannya ya. Menambah semngatku yg awalnya ngedrop banget.

Zana Zahra mengatakan...

@niatri:
Dokternya gak kasih obat apapun untuk promil kok. Beneran cuma bilang, "Udah boleh hamil setelah 3 bulan ya biar aman." Hehe..

Setelah positif hamil lagi, cek usg dan memastikan posisi janin sudah benar di dalam kantung rahim, dokternya kasih obat penguat kandungan untuk beberapa hari.

Ohiya, saya ke dokter bukan untuk promil. Hanya untuk mengecek kesiapan rahim dan luka bekas operasi untuk hamil lagi. Karena dokternya gak bilang apa2 lagi. Jadi kami promil mandiri. Menghitung sendiri waktu subur dengan menggunakan aplikasi cek jadwal menstruasi yang banyak tersedia di play store.

Tetap semangat ya mba. Semoga Allah segera beri pengganti yang terbaik yaa :)

Niatri mengatakan...

@zana. subhanalloh ya kak. Rejeki yg luar biasa. Setelah ujian, Alloh langsung memberi amanah lagi. Sakit2 yg dirasa langsung hilang ya kak, setelah diberi nikmat yang luar biasa.
Trima kasih infonya kak.
Nanti stlh 3 bulan sya juga disuruh kontrol lagi. Sekalian konsultasi buat promil dan ngecek rahim juga.
Selama kehamilan, jahitan aman ya kak?
Karena rentang waktunya kan deket.

Niatri mengatakan...

Berarti utk memastikan kesehatan saluran tuba. Kakak ga cek HSG yaa kak?

Niatri mengatakan...

Dan berarti stlh melahirkan anak yg pertama langsung hamil lagi yaa kak. Luar biasaa. Sungguh besar nikmat Alloh. Alhamdulillah

Zana Zahra mengatakan...

@niatri:
Alhamdulillaah jahitan aman. Ngilu2 sedikit masih normal karena kulitnya ikut melebar pelan2 sesuai dengan ukuran kandungan. Klo sudah berasa ngilu, biasanya saya bawa istirahat rebahan di kasur

Unknown mengatakan...

Mba zana berapa lama nunggu hamil lagi setelah operasi KE

Niatri mengatakan...

Makasih ya kak zana. Sharing pengalaman dan sarannya. Mohon doanya semoga aku-pun seperti kakak. Cepet sehat dan mendapat amanah lagi. Aammin.
Kak.. setelah positif hamil ada perasaan was2 juga gak kak? Gmna ngatasinnya?

Unknown mengatakan...

mba niatri ada operasi ke pengakatan tuba juga ?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum mba.saya jg mengalami hal yg sama persis bgt kayak mba. Saya di operasi KET tgl 18 agustus 2020.7 hari stlh operasi saya lepas perban.tp gak di usg sama dokter nya.cuma lepas perban doank da
saya sama sekali g di ksh perban lg..kata nya jaitan nya udh kering dan udh bisa mandi kena air.g di ksh salep antibiotik jg dan gak di kasih obat apa2 lg.kata nya klo g ada keluhan g perlu dateng untuk kontrol lagi.klo mw promil silahkan datang lagi kontrol mandiri.sbnr nya gak puas bgt sama jwbn dokternya.yg saya mw tnya stlh operasi KET mba msh ngeluarin flek darah atau flek coklat gt gak dr vagina? Mslh nya saya kdng msh suka klwr flek darah atau coklat tiba2.atau pas lagi buang air kecil klwr nya.gak bnyk sih..cuma kayak ngeflek gt aj.itu normal gak ya kira2?sampe skrg udh 2 minggu dr KET masih ngeflek.trs mba masih suka ngerasain kdng agak sakit gt gak stlh 2 minggu operasi KET? Ntah itu di bagian bekas jaitan atau daerah punggung blkng?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Alhamdulillaah sekitar 3 bulanan mba :)

Zana Zahra mengatakan...

@niatri:
Aamiin.. semoga sehat selalu dan segera Allah beri pengganti yg terbaik ya mba :)

Awal-awalnya selalu ada perasaan was-was. Tapi setelah usg dan tau letak janinnya sudah sesuai, rasanya lebih tenang. Tinggal diperbanyak doa dan ikhtiar untuk menjaga kehamilan dan mempersiapkan persalinan :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Wa'alaykumussalam. Apa yang dikatakan dokter mba, sama persis dengan dokter yg menangani operasi KET saya. Mungkin beliau tipe dokter yg gak mau membuat pasiennya khawatir berlebihan kali ya. Hehe..

Untuk flek darah, sepertinya itu masih masa nifas mba. Saya dulu nifas pasca operasi KET sekitar 2 mingguan.

Yg masalah nyeri juga wajar. Apalagi mba masih dalam masa pemulihan. Saya sampai sekarang pun masih suka ngerasa nyeri di sekitaran bekas operasi klo kecapean. Padahal operasinya udah 4 tahun yg lalu. Hehe..

Niatri mengatakan...

Iyaa kak. Makasih informasi dan sharing serta doanya kak. *bighug

Niatri mengatakan...

@unknown. Iyaa kak. Diangkat.
Kakak juga kah?

Unknown mengatakan...

Oh mba darah nya klwr 2 minggu doank ya..ini saya sampe skrg msh suka nge flek..udh 2 minggu dr operasi pdhl..klo boleh tau berhubungan suami istri nya nunggu brp bulan ya mba?trs stlh operasi mba nya promil atau sekedar ngecek2 bagian dalam organ reproduksi pasca operasi apa gak?soal nya pas kontrol pasca operasi dokter nya gak usg saya sama sekali pasca operasi kontrol pertama.jd saya masih was was..krn tuba sblh kiri saya jg di ambil kata nya..mslh nya rs nya jg gak ngasih kayak hasil lab dan hasil rontgen nya ke saya..apa krn saya pke bpjs ya? Tp bpjs saya kelas rawat 1..kejadian kita mslh nya sama persis mba..saya jg gak tau klo saya lg hamil di luar kandungan..tau2 buang air kecil sakit g bisa berdiri lagi..dan lngsng ke ugd sama suami.dr situ deh saya bru tau klo trnyata saya hamil di luar kandungan stlh di tes darah dan urine..

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Nifas biasanya sekitar 40 harian. Mungkin nifasnya mba lebih lama dari saya. Klo mba masih ragu dan khawatir, coba periksa ke dokter aja mba.

Untuk memulai promil, ditunggu senyamannya mba dan suami aja. Yg penting kondisi luka tetap terjaga dan gak sakit :)

Saya hanya cek usg mba saat ke dokter lain untuk mencari second opinion. Setelah operasi, saya juga gak dironsen. Usg juga hanya sebelum operasi, untuk memastikan bahwa memang saya mengalami KET.

Untuk periksa lab, memang kitanya mba yg harus inisiatif mengecek "janin" beserta jaringan yang diambil saat operasi KET karena itu memang gak ditanggung bpjs. Hasil labnya bisa dibawa ke dokter saat konsultasi.

Jika ragu2, mungkin mba bisa cek ke dokter lain untuk mencari second opinion ya mba

Unknown mengatakan...

Boleh mnta wa nya kak kejadian kakak persis dengan aku sekarnag ini

Unknown mengatakan...

Aku tahgl satu kmren kaj baru operasi ket ..kira kira brpa bln lg ya kk aku bsa memulai hamil lagi boleh mnta wanya ga kak plis

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Bisa dikonsultasikan ke dokternya mba karena kesiapan setiap orang berbeda2. Dokternya insya Allah yg lebih paham kondisi mba pasca operasi. Bisa dilihat dari kondisi luka pasca operasi, dll.

Mohon maaf, sy gak bisa kasih nomor wa ya mba. Jika ada yg mau dishare, bisa lewat kolom komentar ini saja. Insya Allah saya balas :)

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Mohon maaf, sy gak bisa kasih nomor wa ya mba. Jika ada yg ingin dishare, bisa lewat kolom komentar ini ya. Insya Allah saya balas :)

Unknown mengatakan...

Klo sudah operasi ket,apa mungkin nanti klo lahir nya harus di operasi juga,tolong minta penjelasan nya mba

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Kelahiran setelah operasi KET tidak harus lewat operasi caesar mba. Alhamdulillah, pasca KET saya bisa melahirkan secara pervaginam (normal) sebanyak dua kali. Tapi ini disesuaikan dengan kondisi mbanya ya. Bisa dikonsultasikan dengan dokter kandungan mba :)

Dini mengatakan...

Maaf bunda" Saya sdh setahun ini pasxa KET.. Tpi blm di ksh momongan juga.. Klo bunda" Gimana.?.?.

Dini mengatakan...

Barangkali ada tips lain supaya bisa hamil lagi.
?? Mbk zana zara

Zana Zahra mengatakan...

@dini:
Yang saya jalani kemarin:
1. Konsultasi ke dokter kandungan mengenai kesiapan rahim pasca operasi.
2. Menjaga baik-baik kondisi luka pasca operasi agar kulit bisa optimal ketika proses kehamilan nantinya.
3. Optimalkan masa kesuburan untuk promil.
4. Perbanyak sedekah, doa, dan tawakal

Semoga Allah segera karuniakan pengganti terbaik untuk mba ya. Aamiin.. :)

Tio mengatakan...

Mba berapa lama waktu operasi ket nya mba ?? Gimana mba rasanya ?? Sy di vonis KET dan di suruh operasi tp saya takut sekali mba.

Zana Zahra mengatakan...

@tio:
Sekitar 3 atau 4 jam mba termasuk pemulihan pasca operasi di ruang pemulihan (sebelum masuk kamar inap biasa). Rasanya pasrah mba aja mba. Hehe..

Gak masalah mba. Turuti saja saran dokter. Insya Allah ini untuk kebaikan mba karena KET ini bahaya sekali jika terlambat ditangani. Semangat mba. Sehat2 yaa :)

Amalia mengatakan...

Apa yg mbk dulu rasakan saat ini sdg sy rasakan��

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 219   Lebih baru› Terbaru»
 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review