20 Des 2016

Bayar Pajak Motor di Samsat Depok

Diposting oleh Zana di Selasa, Desember 20, 2016
Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Daripada lupa terus tiap tahunnya klo mendekati deadline bayar pajak motor, mendingan kutulis aja di blog biar bisa dibuka-buka lagi :)))

Jadi ceritanya bulan Desember ini adalah bulan jatuh tempo pajak motor. Karena KTPnya KTP Depok, jadinya kantor Samsat yang dituju adalah kantor Samsat wilayah Depok. Dan, yang termudah dijangkau lokasinya adalah kantor Samsat yang ada di ITC Depok.

Samsat ITC Depok letaknya di lantai Mezzanine. Mm.. Mungkin bisa dibilang ada di lantai 1,5. Klo masuk dari pintu utama ITC (anggap aja ini lantai 2), jalan aja terus ke dalam sampai ke bagian pojok kiri ITC, nanti ketemu tangga. Nah, kita harus turun setengah lantai di situ.

Klo naik kendaraan, tempat parkir yang paling dekat adalah tempat parkir P2. Dari pintu masuk, ikutin aja arah untuk parkir kendaraan bermotor. Pilih parkiran yang naik ke atas. Nanti ada percabangan parkiran, yang satu lurus (sebelah kiri), yang satunya lagi ikutin jalan yang menanjak (sebelah kanan). Setelah nanjak, langsung parkir di lantai itu, jangan parkir di lantai yang atasnya lagi (klo di parkiran itu gak penuh ya..).

Pintu masuk ke lantai Mezzanine letaknya gak jauh dari parkiran P2. Klo liat tulisan yang ada di pintu, lantai Mezzanine dibuka jam 08.00. Klo pke patokan ini berarti antrian Samsat dibuka mulai jam segitu.

Sebelum ke Samsat ada baiknya mempersiapkan dulu dokumen-dokumen yang diperlukan. Biar begitu datang bisa langsung naro dokumen di antrian.

Dokumen-dokumen yang perlu dibawa:
1. Photocopy BPKB 1 lembar
2. Photocopy STNK 1 lembar
3. Photocopy KTP (yang namanya tercantum di BPKB dan STNK) 1 lembar
4. STNK asli
5. KTP asli
6. Map karton (kayanya harus yang terbuat dari karton. Ada bapak-bapak yang ditolak pas pakai map plastik)

Semua dokumen dimasukkan ke dalam map karton.

Antrian udah dimulai walau kantor Samsat-nya masih tutup :)))
Biasanya map-map orang yang ngantri ditaro di atas kursi atau meja di depan loket. Yang paling belakang datangnya naro map di paling atas. Berarti urutan awal ada di map paling bawah. Jangan coba-coba buat nyelip-nyelipin map yaa.. Ada berjuta-juta mata yang mengawasi urutan map :)))

Samsat ITC Depok punya 3 loket. 1 loket pendaftaran, 1 loket pembayaran, 1 loket pengembalian dokumen. Klo kamu datangnya ketika kantor Samsat udah buka, berarti mapnya diserahkan ke loket pendaftaran.

Kemarin sih loket Samsatnya udah mulai panggil nomor antrian untuk melakukan pembayaran sekitar jam 9.20.

Jadi alurnya gini:

Serahkan map dokumen ke loket pendaftaran -> Nunggu dipanggil ke loket pembayaran -> Bayar uang pajaknya -> Nunggu dipanggil ke loket pengembalian dokumen -> Ambil dokumen berupa KTP dan kertas STNK + pajak yang baru

Pastikan kertas pajaknya sudah sesuai yaa.. Oiya, pastikan juga kertas STNKnya masih terpasang dengan baik. Takut hilang. Hehe..

Selamat membayar pajak :D

0 komentar:

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review