27 Agu 2018

Ta'aruf Series #3; Edukasi Diri dan Keluarga

Diposting oleh Zana Zahra di Senin, Agustus 27, 2018


Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Kali ini aku akan membahas hal-hal yang perlu dipersiapkan terkait diri dan keluarga untuk kalian yang mau memilih ta'aruf sebagai bagian dari ikhtiar menggenapkan setengah agama #eeaa

1. Pelajari apa itu ta'aruf beserta dengan mekanismenya yang syar'i.
Biar gak perlu bingung, "Kok ta'aruf itu gak boleh ketemu berduaan doang sih?" "Kok ta'aruf gini sih? Kan aku mau nonton bareng ke bioskop sekalian ngobrol untuk kenalan." dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mempertanyakan "batasan-batasan" dalam proses ta'aruf.

Ta'aruf itu kan salah satu metode yang kita harapkan keberkahan serta kebaikan dalam memulai proses panjang ibadah dunia-akhirat (baca: menikah), jadi tentu saja sebisa mungkin kita melakukan prosesnya dalam bingkai syari'at Islam yang baik dan benar ya ^^

Klo aku dulu buat patokan awalnya nonton film Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih. Haha.. Selebihnya nanya-nanya sama senior yang sudah pengalaman dalam proses ini.

2. Kondisikan keluarga dan edukasi mereka tentang ta'aruf.
Setelah diri sendiri paham akan mekanisme ta'aruf, langkah selanjutnya adalah menjelaskan kepada keluarga tentang cara yang kita mau dalam menjemput jodoh. Jelaskan kalau kita gak mau pacaran dan dalam Islam sudah ada panduan pengenalan calon pasangan sebelum menikah, yaitu dengan proses ta'aruf.

Hal ini penting, biar keluarga gak kaget kalau sehari sebelumnya kita masih ngaku "jomblo", eh sehari kemudian udah punya calon suami XD

Biar keluarga juga tahu klo kita yang gak punya pacar ini bukan karena punya penyakit penyimpangan seksual (lesbi/homo), tapi karena kita memang punya prinsip "no pacaran sebelum nikah." Ini kisah nyata yang terjadi padaku. Hahahahasedihakutuhdibilanglesbi... :")

Cara visualisasi yang mungkin bisa digunakan adalah dengan mengajak keluarga nonton film yang ada adegan ta'arufnya macam Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih #teteup.

3. Persiapkan diri dengan ilmu mengenai pernikahan, berumah tangga, dan pendidikan anak.
Sekarang kan udah banyak ya media pembelajaran mengenai hal ini. Video ceramah di Youtube juga udah banyak. Ustadz yang aku rekomendasikan untuk kamu dengarkan ceramahnya ada Ust. Salim A. Fillah (lebih banyak bahas tentang ta'aruf dan kehidupan awal pernikahan), Ust. Cahyadi Takariawan (membahas kehidupan berumah tangga dan parenting), dan Ust. Bendri (bahasan utama beliau biasanya tentang parenting, tapi sering juga membahas masalah rumah tangga).

Klo aku dulu lebih banyak baca buku karena di rumah belum pasang wifi. Sayang kuota :p

Ini list buku yang aku jadiin bahan persiapan:
1) Fiqh Wanita

2) Sakinah Bersamamu
3) Catatan Harian Seorang Istri
Pastikan baca buku Sakinah Bersamamu dulu yaa sebelum baca buku ini. Daripada nanti kalian kena sindrom takut nikah kayak aku dulu XD
4) Agar Bidadari Cemburu Padamu
5) Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan

6) Jalan Cinta Para Pejuang

7) Kado Terindah untuk Istriku
Ini bacaannya Mas Suami sih. Aku juga baca buku serupa, tapi lupa judulnya. Maklum, boleh pinjem. Hehe...

8) Buku Persiapan Kehamilan
Awalnya agak mengernyitkan dahi pas dapet rekomendasi buku ini dari teman. Tapi, ternyata bermanfaat juga. Dan memang persiapan kehamilan itu sebaiknya memang dilakukan dari sebelum menikah :)

Itu tadi buku-buku yang kubaca untuk persiapan menikah. Kebanyakan emang yang buku populer yang penjelasannya mengalir bak novel gitu (Asma Nadia sama Salim A. Fillah, gitu lho). Aku lebih suka buku dengan tipe penulisan kayak gitu soalnya. Hehe..

Nah, setelah menikah, aku juga merekomendasikan beberapa buku berikut. Aku telat bacanya. Tau gitu ini buku kubaca juga sebelum nikah :")

9) Psikologi Suami Istri

10) Prophetic Parenting


11) Bilik-Bilik Cinta Muhammad

12) Salihah Mom's Diary
Buku ini belum lama terbit sih. Klo udah terbit dari jaman belum nikah, kayanya bakal langsung dibaca juga. Bagus buat bahan study kasus :")

Buku-buku ini doang yang aku inget. Nanti klo inget lagi, aku update di postingan ini ya list bukunya, insya Allah.

Semoga bermanfaat. Selamat mempersiapkan diri ya. Semoga Allah memberkahi. Aamiin :)

0 komentar:

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review