3 Sep 2020

Pengalaman Menang Giveaway Shopee Live

Diposting oleh Zana di Kamis, September 03, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Setelah maju mundur mau nulis tentang giveaway ini di blog atau gak, akhirnya kuputuskan untuk nulis aja. Tujuannya agar orang-orang yang menang hadiah giveaway dari Shopee gak bingung cara klaim hadiahnya. Yang terpenting, biar si pemenang gak kena tipu pihak yang gak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat dan bersih dari niat untuk pamer ya :)

Sebelumnya, aku mau buat pengakuan dulu nih. Aku termasuk emak-emak pengumpul recehan koin Shopee. Salah satu cara untuk dapat koin adalah dengan nonton Shopee Live. Lumayan, bisa dapat 150 koin. Wkwkwk..

Kali ini yang akan dibahas adalah tentang Shopee Live. Mengingat aku dapat hadiah giveaway dari event yang satu ini.

Hari itu seperti biasa, di tanggal 17 Agustus 2020, aku mantengin Shopee Live demi berburu koin. Sembari menunggu menit demi menit untuk bisa klaim 150 koin, aku ikutin hal-hal yang lagi dibahas sama host-nya. Host-nya waktu itu lagi bahas tentang tteokpokki merk tertentu yang sedang memperkenalkan varian rasa barunya. Buatku, tteokpokki memang is the best (baca dengan nada bicara Siwon di iklan mie Sedap XD )

Di sela-sela acara, sang host juga kasih pertanyaan yang berhadiah Shopee Pay 100ribuan kalau gak salah. Karena lagi momen 17an, kuisnya seputar sejarah kemerdekaan Indonesia. Iseng-iseng ikut jawab juga lewat kolom komentar sesuai dengan instruksi. Gak ada niatan untuk menang pada awalnya ((walau dalam hati sebenernya ngarep juga. Hahaha..)).  

Ternyataa.. yang ikutan jawab kuisnya buanyaaaak bener, guys.. Kolom komentar gak berhenti gerak. Sampe susah baca isi komentarnya klo gak discroll ke atas dulu. Antusiasme demi 6 digit Shopee Pay ternyata tinggi syekali. Makin gak ngarep menang juga jadinya.

Nah, di sela-sela pembacaan pertanyaan kuis, host-nya ngomong klo bakal ada giveaway emas 1 gram untuk penonton yang mengirimkan pantun dengan tema kemerdekaan yang terunik.

Kayaknya banyak orang-orang yang gak terlalu ngeh sama giveaway ini. Kolom komentar masih rame sama jawaban pertanyaan kuis Shopee Pay. 

Atas ilham dari Allah, hatiku tergerak untuk bikin pantun. Biar begajulan gini, aku kan pernah jadi guru Bahasa Indonesia kelas 4-6 SD. Pernah ngajar materi tentang pantun juga. Hoho..

Pantunnya langsung kupost di kolom komentar. Semenit.. Dua menit.. Lima menit.. Lah, ini sepi amat yang nulis pantun. Yang lain masih rame aja jawab pertanyaan kuis Shopee Pay.

Mulai lah, harapan untuk menang itu muncul. Wkwkwk..

Yang tadinya mau keluar dari Shopee Live setelah semua koin bisa diklaim, akhirnya masih aja kupantengin live-nya karena penasaran siapa pemenang kuis dan giveaway-nya.

15 menit, 20 menit berlalu.. Ini kapan pengumumannya ya? Jadi mikir, ini termasuk mubazir waktu gak sih mantengin beginian? :"|

Karena berat mikirin dosa mubazir waktu, akhirnya kututup juga itu Shopee Live.

Namun, entah kenapa, beberapa menit kemudian muncul dorongan yang begitu kuat untuk buka Shopee Live lagi. 

Kali ini sinyal dan paket dataku yang gak bersahabat. Berkali-kali gagal untuk munculin live-nya. Setelah 5 menit berusaha, alhamdulillaah bisa masuk juga. 

Dan.. Eng ing eng.. Host-nya udah say good bye ke penonton sembari megang papan pemenang giveaway.

Tunggu.. Tunggu.. Itu nama akun di papan kayak kenal. Itu akunku bukan sih? Aku menang giveaway??


Langsung ku-screenshot layar hp untuk memastikan lagi. Dan benar aja, gak lama setelah di-screenshot, live-nya selesai. Wkwkwk...

Langsung heboh manggil Mas Suami sambil nunjukin hasil screenshot, "Mas, ini akun Eka bukan sih yang ditulis di papan?"

"Iya deh kayaknya. Kenapa emang?"

"Eka menang giveaway emas nih berarti. Alhamdulillaah..."

"Hah? Serius?" kali ini giliran Mas Suami yang kaget.

"Iya, tapi karena gak sempet nonton pas pengumumannya, gak paham itu host ngomong apa aja. Gak tau dia ngejelasin cara klaim hadiahnya atau gak."

Akhirnya, aku coba tanya ke CS Shopee via chat. Dan hanya dijawab, "Kami belum bisa memastikan. Tunggu notifikasinya masuk ke aplikasi aja ya kak."

Nyari di internet juga gak ketemu artikel apapun terkait cara klaim hadiah giveaway dari Shopee. Mau nanya lewat sosial media juga gak berani. Selain takut kena tipu dari orang-orang yang gak bertanggung jawab, aku juga takut kalau ternyata yang menang bukan aku. Hahahaha...

Ya sudah, solusinya sabar aja. Tanggal 17 Agustus juga masih ada beberapa jam lagi. Mungkin memang notifnya masuknya lama.

Dua hari kemudian juga notifnya belum juga. Akhirnya aku memberanikan diri nanya lagi ke CS Shopee. Jawabannya juga masih sama. Tunggu saja.


Ya sudahlah.. Akhirnya kupasrah. Bukan aku kali pemenangnya. Namun kutetap sering refresh notifikasi aplikasi Shopee, berharap keajaiban terjadi.

Saat aku berada di titik terpasrah. Gak ada harapan apapun tentang giveaway ini, tiba-tiba muncullah notifikasi yang muncul di hp dari aplikasi Shopee.


Alhamdulillaah.. Akhirnya penantianku terjawab sudah. Notifikasinya baru muncul 10 hari sejak pengumuman pemenang giveaway itu.

Tips dari aku untuk teman-teman yang menang giveaway dari Shopee:

1. Jangan posting tentang kemenangan kamu di sosial media manapun karena informasi ini rentan disalahgunakan oleh orang-orang jahat untuk menipu kamu.

Dari komentar salah satu pemenang giveway di aplikasi Shopee, ada yang ditipu orang. Dia hampir kena tipu dari orang jahat yang menghubungi dia via telepon/sms yang mengatasnamakan pihak Shopee.

2. Kalau mau bertanya ke CS Shopee, pastikan bertanya lewat layanan chat CS via aplikasi Shopee yang lebih aman dan informasi hanya diketahui oleh kamu di si CS yang menjawab.

Jangan sekali-kali bertanya lewat kolom komentar apapun di sosial media Shopee yaa.. Sekali lagi, hal ini rentan sekali disalahgunakan oleh orang jahat.

3. Sabar.

Iya, sabar aja menunggu notifikasinya masuk ke kamu via aplikasi Shopee. Sejauh aku melakukan riset tentang giveway Shopee ini, ada beberapa event yang memang butuh waktu lama untuk bisa klaim. Ada yang hadiahnya baru bisa diklaim setelah 3 bulan lamanya. So, sabar aja yaaa :D

4. Segera klaim dan gunakan voucher giveaway yang sudah diberikan lewat notifikasi Shopee.

Notifikasi yang ada di aplikasi Shopee sepertinya memang satu-satunya jalur resmi bagi para pemenang giveaway untuk bisa klaim hadiahnya. Jadi, setelah notifikasinya masuk, segera gunakan dengan baik yaa.. Jangan lupa gunakan voucher giveaway-nya saat mau check out produk hadiah. Nanti keburu expired dan kamu gagal dapat hadiah :D

5. Jangan lupa untuk bersyukur kepada Allah dan bersedekah yaa :)

17 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalau dalam sehari kan ada beberapa live shopee yg adain giveaway misal kita udah menang give away di salah satu live, terus pas di live yg lain masih ada kemungkinan menang g sih kak?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Kalau yang ini, saya juga gak tahu kak. Menang giveaway shopee juga baru yang ini aja. Hehe..

Unknown mengatakan...

Kmrn sy menang Giveaway kak di live salah satu produk toko trs di suruh chat ke shoppingglobal lahh sy mah kagak ngarti soalx br pertama blnja di shopee + br ini dpt Giveaway gt ..udah bolak balik chat cs shopee tetap aj jwbnx tunggu chat via email ..apa kek gt kak ?

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
Yang adain live bukan official dari akun shopee ya? Tapi dari akun toko?
Klo dari akun toko, saya gak paham kak. Mungkin bisa ditanya ke cs tokonya.
Tapi klo dari akun official shopee, ditunggu saja dulu. Tapi biasanya pemberitahuannya lewat notif aplikasi, bukan lewat chat

Kecewa mengatakan...

Seharus nya jangan di sensor nama akun nya kalau beneran menang kak .
Takut nya orang ga percaya .
Pasti mikir nya ini mah emang udah komplotan shopee wkwk ..
Saran ajah .

Soalnya aku prnh ikutan live shopee dan aku udh pastiin aku jawab pertama yang benar , tapi malah org lain yg menang .. cuma yasudah

Zana Zahra mengatakan...

@Kecewa:
Mohon maaf, nama akun adalah privasi buat saya :)
Saya membuat postingan ini untuk berbagi pengalaman saja, ya. Dengan tujuan agar membantu orang tidak terjebak penipuan dari pihak yg tidak bertanggung jawab.
Yang jelas, saya membuat postingan ini atas inisiatif pribadi, tidak dibayar oleh shopee :)

Ohya, masalah jawaban pertama yg keluar di chat live, sepertinya urutan bisa berbeda2 di akun yg berbeda. Bisa karena kendala sinyal juga, jadi yg muncul jawaban yg lain terlebih dahulu di layar yg ngadain live-nya :)

Anonim mengatakan...

Kakak cara nge klaim hadiah giveaway dari shopeelive gimana?

Unknown mengatakan...

Kak saya jg menang giveaway hp iPhone tapi kok disuruh transfer uang dulu 500 rb utk biaya admin yng saya mau tanyain dulu kakak menang memang hrs transfer uang dulu baru hadiah dikirim. Q soalny ragu mau transfer uang.

Anti mengatakan...

Maaf kak mau tanya kaka dapet pengumuman kalo kaka dapet giveaway nya dimana? Langsung notif dari shopee atau disuruh chat cs dulu via WA?

Unknown mengatakan...

Akunjga dapet ka, terus suruh TF 300k sama foto ktp

Unknown mengatakan...

Aku langsung notif dari shopee ka

Zana Zahra mengatakan...

saya coba bantu jawab untuk semua pertanyaan yg masuk yaa..

1. Giveaway yg saya menangkan adalah giveaway resmi dari akun Shopeelive (bukan akun olshop lain).

2. Notif untuk klaim hadiah masuk melalui fitur notifikasi Shopee di dalam aplikasi.

3. Biasanya hadiah dari Shopee tidak ada ketentuan bayar biaya admin ya kak. Prosesnya free (kecuali jika ada ketentuan pajak hadiah ditanggung pemenang). Hanya ongkos kirim yang biasanya ditanggung oleh pemenang.
Jika ada yang mensyaratkan untuk transfer2 uang, sebaiknya waspada ya kak. Khawatir itu adalah penipuan.

4. Saat saya klaim hadiah, proses klaim persis seperti kita checkout belanjaan di Shopee. Jadi nanti akan ada voucher yang kita dapat dari Shopee sehingga saat checkout kita tidak mengeluarkan uang sepeser pun (kecuali ongkir).

Begitu ya kakak. Semoga jawabannya bisa membantu. Tetap berhati2 terhadap tindak penipuan ya kak

Unknown mengatakan...

Saya salah satu dari 3 pemenang giveaway shopee, yg diumumkan resmi di shopee feed, masih menunggu notif masuk ke akun ini, sudah 1 hari + dari pengumuman, tapi notif belum masuk juga.

Zana Zahra mengatakan...

@unknown:
memang agak lama kak. saya waktu itu notifnya muncul H+7 sejak pengumuman

Okee mengatakan...

Kak mau tanya.. dari tgl pengumuman sampe hadiahnya dikirim itu brp hari ya.. bantu jawab ya kak

Zana Zahra mengatakan...

@Okee:
Saya waktu itu notifnya muncul H+7 sejak pengumuman giveaway kak

Zana Zahra mengatakan...

@all:
Maaf, saya salah ingat. Notifikasi muncul H + 10 sejak pengumuman giveaway (bukan H + 7) ya kakak2.
Semoga jawaban saya membantu

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review