18 Mar 2009

Jadi Diri Sendiri Aja

Diposting oleh Zana di Rabu, Maret 18, 2009
Bismillahirrahmaanirrahiim...

Beberapa hari yang lalu sepulang kuliah, aku naik angkot untuk pulang. Penumpang angkotnya emang sedikit. Cuma ada 4 orang, supir angkotnya, aku, dan sepasang muda-mudi yang lagi dimabuk asmara (ceilah...). Aku gak akan membahas betapa angkot serasa milik mereka berdua (pemandangan yang kurang enak menurutku ^^;). Gak sengaja (apa sengaja, ya?) aku mendengar pembicaraan mereka berdua. Cuplikannya kurang lebih seperti ini.

Cewek : Sayang, aku sebel banget deh sama Mama Papa. Mereka tuh kayaknya lebih sayang sama kakakku dibanding aku. Dari TK sampe tempat kuliah harus sama kayak kakak. Aku kan gak suka digituin. Aku ya aku. Kakakku ya kakakku.

Cowok : Itu cuma perasaan kamu aja kali. Mama Papa kamu pasti sayang sama kamu kok. Gak ada orang tua yang gak sayang sama anaknya.

Cewek : Tapi itu keliatan banget, Sayang. Semua yang dia minta pasti diturutin. Klo aku emang bukan anak kandung Mama Papa, sih aku bisa maklum. Tapi kan aku anak kandung mereka?!

Astaghfirullah... Si cewek itu sampai2 su'udzon sama Mama Papanya sendiri!

Sebagai anak pertama (^^), ingin rasanya aku bilang ke cewek itu, "Mba, jangan su'udzon sama orang tua. Lagipula seorang Kakak itu pastilah ingin memberi contoh yang baik untuk adiknya. Gak ada tuh yang namanya ingin menyombongkan diri di hadapan adiknya." (kebawa esmosi) :p

Orang tua mungkin saja menaruh harapan yang sangat besar untuk anak sulungnya. Berharap dia bisa menjadi contoh dan membawa semangat tersendiri bagi adik2nya.
Klo ditanya, "Pasti jadi anak pertama itu punya beban yang cukup berat, ya?" Akan kujawab, "Ya."

Aku ingin menunjukkan ke adik2ku, "Mba aja bisa! Kalian juga insya Allah bisa! Bahkan kalian bisa lebih baik dari Mba!" Setidaknya apa yang sudah aku lakukan bisa menjadi pelajaran buat adik2ku. Mereka bisa belajar dari kegagalan2ku sehingga mereka lebih berhati2 dalam mengambil keputusan dan bertindak. Mereka juga bisa belajar dari keberhasilanku sehingga mereka terpicu untuk melakukan keberhasilan2 lain yang lebih banyak lagi.

Aku juga cukup mengerti bagaimana rasanya jadi anak bungsu. Sahabatku sewaktu SMP juga telah memberi gambaran betapa sulitnya menjadi anak bungsu. Ia selalu dituntut orang tuanya untuk sukses seperti kakak2nya. Orang tuanya jadi over protected. Keluar rumah dibatasi, bahkan jika ada telepon masuk untuknya, pasti tidak akan pernah disampaikan. Alasan orang tuanya biasanya, "Oh, dia lagi main," atau "Dia udah tidur." Begitulah... Aku sukses menelepon dia hanya beberapa kali saja, itu juga saat orang tuanya sedang tidak di rumah. Sampai2 ia agak frustasi dan menjadikan tubuhnya sebagai pelampiasan jika dia sedang kesal (masih inget ceritaku waktu SIWAK NG?).

Belum lama ini aku SMSan sama dia. Alhamdulillah, sepertinya kebiasaan buruknya itu sudah ditinggalkan. Dia lebih bisa menguasai emosinya sendiri. Kini, dia berhasil masuk jurusan yang sesuai dengan minatnya. Subhanallah... Dia itu sangat tegar!

Kuncinya ada di dalam diri kita sendiri. Tak peduli apakah kita anak pertama, anak pertengahan (maksudnya posisinya di tengah, punya kakak dan juga punya adik ^^), ataupun anak bungsu. Kita lah yang paling mengetahui kelebihan dan kekurangan diri kita. Yang harus dilakukan adalah tetap menjadi diri sendiri dan berusaha untuk memaksimalkan potensi yang kita punya. Posisi kita di keluarga dapat dijadikan motivasi.

Dek, lihat ya. Kakak aja bisa, kalian juga pasti bisa!

Kak, lihat ya. Adek juga bisa jauh lebih berprestasi daripada Kakak, lho!

13 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju. Jadi kakak sama adek itu sama2 ada senengnya ada susahnya. Cuma kadang2 kita yang ga tau aja, adi deh iri2an hehe

Zana mengatakan...

@bibay:
yup, bener banget. kita udah punya peranan masing2.
tinggal bagaimana kita menjalankan peranan itu dengan sebaik2nya ^^

Anonim mengatakan...

Sepakat2 ! :-)

Gak ada bedanya juga kok, kayak saya anak terakhir dari 2 anak (inget slogan KB 2 anak cukup, klo banyak2 semrawut :-D ) tapi kakak saya cewek jadi tetep aja saya yang sering jadi tumbal.

Walaupun kakak saya sekarang gak kuliah (padahal umurnya cuma selisih setahun), beliau tetep kakak saya yang paling hebat.He-eh !

Yak, Selamat para kakak-kakak, Anda benar2 hebat ! :-D

~ ternyata eka suka nguping juga.. :-)

Zana mengatakan...

@kak big:
hehe... kebiasaan cewek yg sulit dihilangkan :p

Anonim mengatakan...

waaah eka jarang pulang lwt pocin ya? pemandangan begitu sih sering banget terlihat di samping balairung hahaha...

alhamdulillah walopun aku kakak beradik cewe smua, tapi gak pernah dibanding2in gitu. Lagian kakakku beda 14 taun, jadinya berasa kaya anak tunggal aja, heheheeee... :)

Zana mengatakan...

@ade:
iya, udah jarang lewat pocin. gak ada barengannya sih..
lama2 iseng jg klo jalan lewat situ sendirian (pdhl dulu mah berani2 aja. hehe...)

jadilah kakak beradik yg rukun ya..

~padahal aku masih suka berantem ma adek2 :p

PiPiTa mengatakan...

weukekekey.. paling enak mang jadi anak tengah,, paling anget euy... ;D

Anonim mengatakan...

saya anak ke2 dan terakhir, sempet mau punya ade tapi ibu keguguran, padahal rasanya udah seneng banget..

mungkin saya lebih sering diomelin dibanding kakak saya, tapi saya lebih sering menang kalo berantem sama kakak saya, hehe..

menjadi anak keberapapun, pasti itu menjadi sesuatu yang spesial, saya tau orang tua saya pasti sayang banget sama saya! :-)

Zana mengatakan...

@pipita:
anget2 asoy lah ya.. :p

@kak topan:
kayaknya kak topan akur bgt nih sama kakaknya ^^

Anonim mengatakan...

Aslm...

bener bgt... mana ada orang tua yg ga cuintah ma anak sendiri...

Selama beberapa taun gw adalah anak tunggal, tp pas tau sekarang nyokap lg hamil (ade partama gw), bokap nyokap gw ttp cuintah ma gw. malahan sering di ledekin.. hheee...

Zana mengatakan...

@windy:
wa'alaikumussalam...

bener2.. yg namanya ortu pasti sayang ma anaknya.

wah, windy mo punya adek baru ya?
selamat ya!
senangnya yg bakal punya adek bayi ^^

ãñÐrî ñâwáwï mengatakan...

SubhanaLLoh...

Banyak sekali nilai pelajaran yang dapat diambil loh dari tulisan ini.

Setelah menyelami kehidupan yang ga bisa dibilang sebentar (orang hampir 1/4 abad, hehee) bisa menarik kesimpulan, bahwa kedewasaan seseorang ga bisa ditentukan dari usia.

Kadang ada orang yang lebih muda dari kita, tapi dia bisa jauh lebih dewasa dari kita. atau sebaliknya ada yang usianya lebih tua tapi justru pemikirannya seperti anak kecil.


nice post, keep share & CU Arround

Zana mengatakan...

@Andri:
ho... udah mampir toh...

iya bener.. usia gak menentukan kedewasaan seseorang ^^

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review