5 Apr 2012

Jilbab Pertamaku

Diposting oleh Zana di Kamis, April 05, 2012

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Ceritanya pengen ikutan buku Jilbab Pertamaku, karya Asma Nadia. Hehe.. Mau share aja tentang kisah Jilbab Pertamaku versi Eka :p

Aku mulai memakai jilbab sejak kelas 5 SD. Agak aneh sih.. Sekolahku bukan sekolah Islam. Dan, di antara 5 SD Negeri yang ada di wilayah kelurahan Kemiri Muka, memang belum ada siswi yang memakai jilbab. Mau tau alasanku pake jilbab?

Aku pake jilbab, karena aku ngerasa lebih cantik klo pake jilbab 
Pertama latian dulu.. Klo main sama temen abis pulang ngaji, jilbabnya gak langsung dilepas kaya biasanya. Di rumah juga suka iseng pke jilbab klo sore. Nah, akhirnya bilang ke Ibu deh... (Ingat, ini percakapan ketika saya kelas 5 SD)

Eka: Bu, Eka boleh pake jilbab gak?
Ibu: (Bengong) Hah? Pake jilbab? Kenapa emang?
Eka: Pengen aja. Biar tambah cakep. Hehe..
Ibu: Asal gak "copot-pake copot-pake" sih gak papa..
Jeng jeng jeng!!! Hari Senin (lupa tanggalnya) pas lomba Tata Laksana Upacara Bendera (TLUB) tingkat SD di kelurahan, akhirnya aku pke jilbab! Dahsyat efeknya. Temenku yang nyamper ke rumah sampe terbengong gitu. Guruku juga terheran-heran ngeliat muridnya ini pake jilbab. Aku cuma nyengir2 doang :D

Nah, di TLUB itu aku masuk ke grup paduan suara. Dan, keliatan dong klo aku jadi outlier a.k.a pencilan di situ. Tiba2, salah satu guru pembina nyamperin barisan padus, langkahnya mengarah ke aku.

Itu jilbabnya bisa dilepas dulu gak? Gak seragam nanti sama yang lain. Sehari doang dilepasnya.
Aku yang begitu polos langsung nurut. Jilbabnya langsung aku buka saat itu juga. Maklum ya.. Masih bocah.. :D  Setelah itu, udah mulai tuh konsisten pake jilbab di sekolah.. Walau setiap 2 minggu sekali juga konsisten lepas jilbab buat ikut upacara :D

Entah kenapa, satu per satu temen2 SDku mulai ikutan pake jilbab juga di kelas. Hingga berada di satu titik dimana hanya ada 2 siswi muslim yang tidak berjilbab. Guruku sampe komentar

Entar ini sekolah jadi pesantren nih.. Ikut-ikutan aja pake jilbab..
Semenjak guruku komentar kaya gitu, satu per satu temenku mulai lepas jilbab. Hingga aku lulus SD, yang pke jilbab tinggal aku dan seorang temenku. Temenku itu pun akhirnya melepas jilbabnya ketika dia masuk SMP :(

Nah, pas SMP, aku sekolah di Jakarta. Ceritanya untuk kabur dari pelajaran Bahasa Sunda yang ada di Depok. Hehe.. Aku masuk ke SMPN 98 Jakarta. Di sana aku ternyata sekelas sama musuh bebuyutanku jaman SD. Yap, dia adalah Dita saudara2.. :p Dia juga pake jilbab sejak kelas 6 SD dan seingetku, siswi yang pake jilbab di SD dia juga cuma 2 orang.

Awalnya musuh bebuyutan, akhirnya malah jadi sahabat dekat di SMP. Ke mana2 berduaaa mulu. Pas kelas 2, si Dita ini jadi Ketua OSIS dan aku jadi salah satu pengurus OSIS. Kita berdua punya style yang sama dalam berpakaian seragam. Pake kemeja putihnya dimasukkin ke dalam rok (istilahnya hem) plus ikat pinggang yang setia melingkar di pinggang. Rapi banget dah pokoknya.

Suatu hari, aku sama Dita ngeliat kakak kelas 3 yang pake jilbab juga, tapi style seragamnya beda. Kakak itu kemejanya gak dimasukin ke rok, jadi lekuk tubuhnya gak keliatan. Ekspresiku dan Dita sama. "Cara pake bajunya keren! Pengen kayak gitu ah..."

Tapi, lagi2 karena aku dan Dita orangnya taat peraturan, kami baru berani ngeluarin kemeja klo jam pelajaran udah selesai. Hehe.. Kadang klo pulang sekolah kan main dulu tuh ke Gramedia Depok. Nah, dengan bangganya kami masuk ke Gramedia dengan style baru kami ini. Kemeja dikeluarin lho! Gaul kan? :D

Walaupun aku sama Dita pake jilbab, tapi kami berdua gak ikutan Rohis. Aku ikut ekskul Karate, Dita ikut ekskul Paskibra. Baru berasa efeknya pas masuk SMA :D

Suatu hari, ketika aku mau daftar di SMAN 28 Jakarta, adzan Zhuhur berkumandang. Langsung bergegas nanya di mana letak masjid sekolah sama panitia pendaftaran. Pas ketemu masjidnya bingung deh tuh.. Masjidnya 2 lantai. Bingung kan mau masuk lewat mana. Dengan semena-mena aku masuk lewat tangga utama. Eh, langsung dicegat sama seorang siswa 28.

Afwan, akhwatnya klo mau shalat di masjid bawah..
Hah? Apaan tuh "akhwat"? Apapula "afwan"? Aku yang bingung cuma bisa "Iya"-in doang. Hehe.. Langsung deh ngabur ke masjid bawah. Malu banget waktu itu >.<

Barulah pas Masa Orientasi Siswa (MOS) aku baru tau klo "akhwat" itu artinya perempuan dan "afwan" itu artinya maaf. Waktu MOS aku masih pake style kemeja dimasukkin. Aku malah ditegur sama kakak pembimbing kelasku, namanya Kak Meli.

Kemejanya dikeluarin aja. Biar lekuk tubuhnya gak keliatan. Di sini, klo yang pake jilbab malah disuruh untuk ngeluarin kemejanya.. :)
Wah, tambah takjub aku sama lingkungan 28.. Pas kelas X, aku ikutan mentoring agama Islam yang diadain Rohis 28.

Dan, ketika mentoring, aku baru tau klo ternyata pake jilbab itu hukumnya wajib, saudara2..
Selama hampir 5 tahun pake jilbab, aku taunya klo pake jilbab itu hukumnya sunnah. Ya, anggaplah klo yang gak pake jilbab tapi bajunya sopan dapet nilai 8, tapi klo pake jilbab dapet nilai 10..
Wooyyy... Kemana aja kamu, Ka? Masa' baru tau sih? Tapi gak papa lah.. Daripada gak tau sama sekali... Iya, gak? :)


1 komentar:

kirana mengatakan...

hahaha..eka..eka..
jadi kesimpulannya lebih baik sembuh atau nggak nih? :D

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review