2 Okt 2008

SIWAK NG 2008

Diposting oleh Zana di Kamis, Oktober 02, 2008
Awalnya bingung. SIWAK NG? Apaan tuh? Tiruannya SIAK NG (Sistem Informasi Akademis Next Generation) punyanya UI ya? Eh, ternyata beda banget..

SIWAK NG versi FUKI (Forum Ukhuwah dan Kajian Islam) Fasilkom itu singkatan dari Studi Islam Awal Kuliah Next Generation. Acara ini diselenggarakan untuk Maba 2008 pada tanggal 20 September 2008. Dari comment2 angkatan atas ttg SIWAK, katanya acara ini seru banget dan bisa memperat ukhuwah sesama Maba plus angkatan atas juga..

Acaranya ada Motivation Training, Games2, Pengenalan Salam UI, Tutorial IT, and yang paling seru OUTBONDnya!

Maba harusnya kumpul jam 7 pagi, tapi karena ada 1 n lain hal, aku datangnya telat. Hehehe... Aku datangnya jam 7.25. Gak telat2 bgt lah.. Acaranya juga belum mulai (ceritanya pembelaan :p ). Abis itu kita ngumpul di lapangan parkir depan gedung C. Absen terus pembagian kelompok. Yang megang kendali acara waktu itu adalah Kak Big Zaman. Dengan bahasanya yang medhok itu, Kak Big berhasil membuat kita semua ngakak dengan penggunaan bahasa "Biologi" dan gayanya yg menurut kelompokku "lebay" (maaf ya, Kak.. tapi begitulah pendapat kami ^^).. Tapi, so far so good lah..

Abis itu kita langsung digiring ke Gedung C buat ikut Motivation Training oleh Mas Yudi (tapi panggilannya Mas Yudha.. Bingung kan?). Slide gambar2 galaksi plus musik Kitaro bikin aku inget sama ESQ 165 (jadi kangen ma suasananya 28..). Mas Yudha sangat atraktif dalam menyampaikan materi (ya iya lah.. trainer gitu..). Beliau menjelaskan apa tujuan hidup seorang manusia yang sesungguhnya, yaitu mencapai ridho Allah SWT. Beliau juga menjelaskan apa arti kesuksesan yang memang berbeda-beda tiap orang. Dan, menurut sebuah penelitian, kunci kesuksesan yang paling utama adalah KEJUJURAN.

Dalam sesi ini ada dua orang penanya, yaitu Eka dan Gayuh. Eka menanyakan bagaimana cara menyikapi teman yang suka menyakiti dirinya sendiri (serem juga ya..). Klo denger dari penjelasannya, orang tua temennya itu memiliki banyak tuntutan yang harus dilaksanakan. Mungkin dia ngerasa terbebani juga dengan tuntutan2 yang mungkin gak bisa dia laksanakan semuanya. Moga temennya Eka itu mendapat jalan yang terbaik dan senantiasa dilindungi oleh Allah (Moga dia gak kebablasan dengan kebiasaannya menyakiti diri sendiri..) AMIIN… Semangat Eka!! Kamu pasti bisa membimbing temanmu itu! (^^)
Klo Gayuh, nanya tentang kejujuran. Zaman sekarang emang susah menemukan orang yang jujur (moga aku termasuk dalam golongan orang jujur yang sulit ditemukan itu ^^). Tidak semua orang dapat mengapresiasi kejujuran yang kita miliki. Mungkin itu juga yang membuat orang perlahan-lahan meninggalkan nilai kejujuran yang sesungguhnya telah ia miliki. Sebagai manusia yang selalu ingin memperbaiki diri, kita harus tetap berpegang teguh pada nilai kejujuran. Walau badai menghadang, kejujuran harus selalu melekat dalam diri!! Hidup jujur!! (^^)

Selesai Motivation Training, akhwat langsung menuju musholla untuk melaksanakan shalat Dhuha. Klo yang ikhwan shalat Dhuha-nya tetep di Gedung C. Abis shalat Dhuha, akhwat2 membuat lingkaran. Sesi perkenalan dan curhat2an pun dimulai. Kebanyakan Maba curhat tentang sulitnya manajemen waktu.

Waktu beranjak siang… Selesai shalat Zuhur, kita langsung menuju Gedung C lagi untuk mendengarkan presentasi Salam UI oleh sang Ketuanya langsung, Kak Rozi. Yang menarik dari presentasi Kak Rozi adalah film dubbing-nya yang narsis abis.. Mengambil cuplikan film The Transformer, anak2 Salam sukses mengubah dialognya jadi begitu anggun dan Islami. Robot-robot ceritanya adalah anak Salam UI yang lagi ngajak seorang anak cowok untuk gabung di Salam. “Assalamu’alaikum, Akhi..” Coba aja bayangin sesosok robot yang mengucapkan salam.. Pastinya adegan ini gak pernah kita liat sebelumnya ^^.. Walau agak maksa dan keliatan over PD alias narsis, film dubbing ini keren kok.. Kalah deh dubbing versi Extravaganza.. :p

Nah, acara kedua terseru dari Siwak NG akhirnya dimulai. Yap! Apalagi klo bukan Tutorial IT! Fasilkom banget tuh acaranya! Tutorial ini dibawakan oleh Kak Arif dan Kak Ridho. Kita dikasih tau situs2 Islam kayak www.ukhuwah,or,id (punyanya FUKI Fasilkom lho…), www.eramuslim.com, dll. Selain itu kita juga diajarin cara bikin, merawat, dan mengoptimalkan blog. Ternyata anak2 Fasilkom ada yang udah sangat dikenal di dunia maya melalui blog mereka. Ada Kak Ilman (wah, yang ini sih jangan ditanya.. terkenal banget dia..), Kak Berlin, dkk. Bahkan ada yang sampe ditawarin kerja di Kuwait (klo gak salah) gara2 salah satu perusahaan di sana kagum sama blognya anak Fasilkom. Mungkin yang paling berkesan buat temen2 Maba (khusunya aku) adalah cara mengubah tulisan “Google” jadi nama kita.. Trik itu dikasih tau sama Kak Ridho.

Sebelum shalat Ashar, kita dikumpulin di lapangan parkir belakang buat main games. Gamesnya cukup seru.. Bisa melatih kekompakan. Hmmm… Sayangnya akhwatnya gak sukses menyelesaikan games itu Tapi kita tetep heboh dengan teriakan2 khas para cewek (^^!). Makna games ini cukup ‘dalem’. Muslim adalah satu kesatuan. Tidak boleh terpencar-pencar. Dalam Q.S. As-Shaff juga diterangkan bahwa Allah menyukai Muslim dengan barisan yang rapi dan teratur.

Yak, kita beranjak ke acara puncak! Outbond! Akhwatnya dibagi jadi 4 kelompok. Kita dikasih kata kunci buat masuk pos 01. Sebelum masuk pos 01 kita juga harus mengamati lingkungan sekitar untuk menemukan hal unik yang akan jadi bahan presentasi kita di pos 01. Kurang lebih ada 3 pos. Pos 01, 10, dan 11 (hmm.. bener2 mencerminkan anak Fasilkom.. ^^! ). Di tiap pos ada games yang harus dimainkan oleh masing2 kelompok. Games yang paling seru dan ribet ada di pos 3. Letaknya di UI Wood.. Pokoknya ribet banget deh gamesnya..

Di sepanjang acara kita emang selalu siap untuk difoto ^^.. Outbond adalah saat2 yang tidak boleh dilupakan untuk berfoto. Akhwat kelompok 3 dan 4 pun telat nyampe di UI Wood gara2 kebanyakan foto2 di jalan (^^!)..

Acara ditutup dengan buka puasa di Gedung C Fasilkom dengan penobatan Asad dan Gayuh sebagai peserta terbaik. Selamat ya!!

Secara keseluruhan acara SIWAK NG ini bagus dan berkesan banget buat kami para Maba 2008. Moga kita tetep kompak ya!!

1 komentar:

Zana mengatakan...

miss that moment...

~baru saja menyelesaikan tugas sebagai panitia acara SIWAK NG 2009..
moga bermanfaat untuk mencetak muslim2 IT yang tangguh. Aamiin!!
^^

 

searching for Andromeda Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review